Kualitas Hati = Kualitas Hidup

image

SCRIPTURE
Amsal 4:23
Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan.

Proverbs 4:23 MSG
Keep vigilant watch over your heart; that’s where life starts.

Proverbs 4:23 NIV
Above all else, guard your heart, for it is the wellspring of life.

OBSERVE
Ayat ini mengajari saya bahwa kualitas hati kita sangat menentukan kualitas hidup kita. Kualitas Hidup kita sangat ditentukan bagaimana kita menjaga hati kita. Dalam terjemahan message bible dikatakan dari hatilah dimulai kehidupan.

Sikap kita dalam menjaga hatipun juga bukanlah asal-asalan, disini dikatakan bukan menjaga secara biasa tetapi dengan segala kewaspadaan kalau bagi saya, saya umpamakan seperti siaga 1 yang artinya perhatian penuh. Dalam terjahan NIV bahkan dikatakan diatas segala hal yang lain jagalah hati. Artinya diantara hal-hal yang paling berharga dan penting yang harus kita jaga dalam hidup kita ini, hati ada di prioritas pertama.

Begitu pentingnya hati kita bahkan bisa  berpengaruh langsung bukan hanya pada area jiwa kita (pikiran, perasaan, kehendak) saja tetapi juga pada area tubuh kita secara fisik. Dikatakan di Amsal 15:13  Hati yang gembira membuat muka berseri-seri, tetapi kepedihan hati mematahkan semangat. ; wah keren 🙂 jadi guys inilah rahasia muka berseri hehehe.. Tidak usah repot-repot habis banyak biaya n waktu ke klinik kecantikan atau malah sampai suntik silikon segala supaya muka kelihatan cantik. Cukup menjaga ada damai sejahtera Kristus yg memerintah dalam hati kita saja.

Bahkan Amsal 17:22 berkata Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang. Wah bukan cuma membuat wajah kita berseri-seri, hati yg gembira adalah obat, so kalau begitu sebaliknya hati yg penuh dengan kecemasan, kekuatiran punya potensi untuk merugikan (menjadi penyakit) dlm hidup kita. Kalau Hati tidak lagi memancarkan kehidupan mungkin saja sedang memancarkan yang sebaliknya yaitu kematian. So waspadalah apa yg sedang ada di dalam hati kita.

APPLICATION
– Mari kita jaga hati kita dengan segala kewaspadaan. (ingat ini bagian kita bukan orang lain ataupun Tuhan)
– Minta damai sejahtera Kristuslah yang memerintah dalam hati kita dan bukan kekuatiran / kecemasan or yang lainnya. Kolose 3:15
– Mari miliki hati yang berkualitas. Biarkan kualitas yang ada di dalam hati kitalah yang memancar keluar dan mempengaruhi atmosfir di luar kita dan bukan sebaliknya.

PRAYER
Tuhan ajarku dapat menjaga hatiku dengan penuh kewaspadaan. Aku mau mengkhususkan hatiku hanya untukMu dan aku minta biar damai sejahtera Kristus yg memerintah dalam hatiku. Dalam nama Yesus Amin.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s