Self – Discipline

image

SCRIPTURE
“Orang fasik tertangkap dalam kejahatannya, dan terjerat dalam tali dosanya sendiri. Ia mati, karena tidak menerima didikan (lack of discipline) dan karena kebodohannya yang besar ia tersesat.” (Amsal 5:22-23).

Proverbs 5:22-23 MSG
The shadow of your sin will overtake you; you’ll find yourself stumbling all over yourself in the dark.
Death is the reward of an undisciplined life; your foolish decisions trap you in a dead end.

OBSERVE
Salah satu yang menjadi ciri orang fasik adalah tidak mau menerima didikan / tidak disiplin di dalam hidupnya. Kata disiplin (discipline) dalam bahasa inggris mempunyai akar kata yang sama dengan kata murid (disciple).

Kita sebagai murid Kristus harus memiliki kedisiplinan dalam hidup kita. Mengapa disiplin itu penting? Kita tidak dapat memimpin orang lain sebelum kt dapat memimpin diri kita sendiri dengan disiplin. Kita hanya dapat memimpin sejauh mana kita bisa memimpin diri kita sendiri.

Sejak kapankah kita harus berdisiplin? Sejak kita muda. Tingkat yang dicapai oleh orang-orang besar tidaklah diraih dalam waktu singkat; tetapi mereka bekerja keras di malam yang gelap manakala sahabat-sahabatnya tertidur lelap. Org yg berdisiplin tidak akan membuang-buang waktu, belajar pada wktu orang lain tdur, berdoa pada wktu orang lain bermain. Baginya tidak ada waktu untuk kebiasaan yang tidak baik dan ceroboh, dalam tutur kata, pikiran, dan perbuatan.

APPLICATION
Paulus berkata “Tetapi aku melatih tubuhku dan menguasainya seluruhnya…” (1 Korintus 9:27). Bagaimana dgn kt? Apakah kt selama ini sudah menggunakan wktu kt dgn benar? Apakah kt sudah melatih untuk mendisiplinkan tubuh dan menguasainya seluruhnya? Ingat tanpa sebuah kedisiplinan, karunia yang ada pada kita, betapapun besarnya tidak akan berkembang dengan maksimal.

Ingat cuma ada 2 opsi yaitu menguasai
atau dikuasai oleh tubuh. Dan resiko dari hidup yg tidak disiplin yang lebih parah dipaparkan dalam terjemahan message bible dikatakan “Death is the reward of an undisciplined life”. Maut atau kematian yang menjadi upah bagi mereka yang hidup tidak disiplin. Perkara disiplin disini diberikan prioritas yang sangat penting bahkan dengan resiko pilihan hidup atau mati. Untuk bisa mengusai tubuh kita satu-satunya cara yang diberikan oleh ayat ini adalah dengan melatihnya. Ayo mari kita berlatih menguasai tubuh kita.

PRAYER
Tuhan maafkan ketidakdisiplinan ku selama ini. Hari ini saya siap untuk menjadi muridMu yg artinya saya mau untuk hidup dengan disiplin. Mampukan aku Tuhan. Mulailah dari hatiku. Dan aku mau mulai sekarang dan bukan nanti. Dalam nama Yesus Amin.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s