Doa Sogokan

image

SCRIPTURE
Yakobus 5:16 TB
… Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya.

Yakobus 5:16  BIS
… Doa orang yang menuruti kemauan Allah, mempunyai kuasa yang besar.

OBSERVE
Pasti kita pernah menerima sms/bbm doa yang isinya sangat mengesankan, namun dibawahnya ada catatan kalau sms/bbm itu harus diteruskan sedikitnya kepada 12 orang, jika tidak celakalah yang akan dituai? Dan anehnya banyak orang yang percaya dan malah meneruskan sms/bbm tersebut.

Apakah gerangan yang diimani oleh para pengirim ini? Apakah Tuhan akan mengabulkan doa dengan sogokan 12x sms/bbm? Doa pastinya harus didasari oleh iman, tetapi iman yang seperti apa? Di ayat ini dikatakan doa orang yang benarlah yang bila dengan yakin didoakan sangat besar kuasanya.

Jadi dibutuhkan atribut “benar” dalam diri  orang yang berdoa baru doa itu akan penuh “Kuasa”. “Benar” disini maksdnya apa? Dalam terjemahan bahasa Indonesia sehari2 digambarkan lebih jelas “Doa orang yang menuruti kemauan Allah, mempunyai kuasa yang besar.”  – Yakobus 5:16 BIS. Jadi orang benar adalah orang yang hidup menuruti kemauan Allah dan bukan dirinya, Kehendak Allah dan bukan kehendaknya saja.

Pengenalan yang benar akan Tuhan akan membuat kita peka mana yang berkenan dan mana yang tidak berkenan bagiNya sehingga kita dapat berdoa dengan penuh keyakinan. Jadi bukan sembarangan asal yakin/penuh percaya saja tetapi yakin dan dengan benar.Hanya anugah Tuhan saja yang membuat kita yang tidak layak ini menjadi layak dihadapannya.

APPLICATION
So Mari kita periksa hati kita. Keyakinan seperti apakah yang menjadi motivasi dibalik doa2 kita? Tuhan bukanlah sinterklas/mesin penjawab otomatis. Tuhan juga tidak bisa disogok dengan doa-doa yang bermotivasi salah. Tuhan melihat motif di balik doa-doa kita apakah itu untuk memenuhi kehendak kita atau kehendakNya. Yuk cari tau apa mauNya Tuhan dan berdoalah dengan yakin maka doa kita akan sangat besar kuasanya. Satu-satunya cara untuk bisa mengetahui apa kehendak Tuhan adalah dengan membangun relasi denganNya setiap hari lewat saat teduh kita.

PRAYER
Tuhan berikan kepadaku hati dan pikiran yang sama dengan Engkau (Fil 2:5). Sehingga aku dapat tahu apa yang menjadi kehendakMu untuk aku lakukan dan aku doakan. Ajarku membangun kerajaanMu dan bukanlah kerajaanku. Dalam nama Yesus Amin.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s