Devotion

Forget The Past – Remember it in New Way

image

SCRIPTURE
Kejadian 50:20
Memang kamu telah mereka-rekakan yang jahat terhadap aku, tetapi Allah telah mereka-rekakannya untuk kebaikan, dengan maksud melakukan seperti yang terjadi sekarang ini, yakni memelihara hidup suatu bangsa yang besar.

OBSERVE
Melupakan masa lalu terutama yang sangat menyakitkan tidak akan pernah bisa kecuali sampai kita mengalami amnesia atau hilang ingatan. Cara terbaik untuk melupakan masa lalu adalah dengan  mengingatnya dengan cara yang baru. Bukan menghapusnya dari ingatan kita, tapi memaknainya dari sudut pandang IMAN.

Inilah yang dilakukan Yusuf. Ia pernah begitu dibenci saudara-saudaranya, mereka  menganiaya bahkan menjualnya sebagai budak. Kemudian ia bekerja dirumah Potifar.Difitnah oleh isteri Potifar lalu di penjara.Sampai akhirnya ia menjadi orang penting di Mesir. Namun Yusuf tidak membenci dan menyimpan dendam pada saudara-saudaranya. Saat mereka datang dalam posisi sebagai orang yang minta pertolongan, Yusuf menerimanya dengan tangan terbuka. Ia tidak membalas.Yusuf memang tidak lupa perbuatan buruk saudara-saudaranya dimasa lalu. Namun Ia melihatnya dengan cara baru dari sudut pandang Allah. Ia membalas kejahatan dengan kebaikan.

APPLICATION
Adakah pengalaman masa lalu kita atau seseorang dalam kehidupan kita yang pernah sangat menyakiti dan mengecewakan kita? Kalau ada, apakah sampai sekarang pengalaman itu terus  berdampak negatif dalam hidup kita?

Kalau iya ingatlah hal-hal ini:
1. Kita tidak bisa mengubah masa lalu
2. Kita tidak bisa melupakan masa lalu kecuali dengan mengingatnya dengan cara yang baru.
3. Jangan biarkan masa lalu mu mendikte hidupmu hari ini dan hari depanmu.
4. Apa yang kamu putuskan hari ini bisa mengubah masa depanmu.

Kita mungkin saja bisa kecewa dengan apa yang terjadi kepada kita tetapi jangan sampai hati kita menjadi pahit (kepahitan) sampai-sampai kita benci ketika pengalaman itu atau nama seseorang itu disebutkan di depan kita.

Kepahitan itu tidak ada untungnya itu sama halnya dengan kita sendiri meminum racun dan mengharapkan orang lain yang mati keracunan. Kepahitan hanya akan berdampak negatif dalam hidup kita. Mari kita belajar seperti yusuf yang tidak kepahitan dgn saudara-saudaranya.

Hal yang bisa kita pelajari dari yusuf adalah dia bersyukur karena hal buruk apapun yang telah dirancangkan saudara-saudaranya Tuhan mereka-rekakannya untuk kebaikan. Bersyukur adalah setuju bahwa apapun yang Tuhan kerjakan dalam hidup kita baik itu yang baik maupun yang buruk Dia mengerjakannya untuk kebaikan kita.

Isaiah 43:18-19 MSG
Forget about what’s happened; don’t keep going over old history. Be alert, be present. I’m about to do something brand-new.

PRAYER
Tuhan aku mau bersyukur buat apapun yang terjadi dalam hidupku baik itu hal yang baik maupun hal yang buruk karena aku tahu dan aku setuju bahwa Engkau selalu turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagiku yang mengasihi Engkau. Terima kasih Tuhan. Dalam Nama Yesus Amin.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s