Devotion

Apa yang ada padamu?

image

SCRIPTURE
Keluaran 4:2  TB
TUHAN berfirman kepadanya: “Apakah yang di tanganmu itu?” Jawab Musa: “Tongkat.”

Markus 6:37-38  Tetapi jawab-Nya: “Kamu harus memberi mereka makan!” Kata mereka kepada-Nya: “Jadi haruskah kami membeli roti seharga dua ratus dinar untuk memberi mereka makan?”
Tetapi Ia berkata kepada mereka: “Berapa banyak roti yang ada padamu? Cobalah periksa!” Sesudah memeriksanya mereka berkata: “Lima roti dan dua ikan.”

2 Korintus 8:12  Sebab jika kamu rela untuk memberi, maka pemberianmu akan diterima, kalau pemberianmu itu berdasarkan apa yang ada padamu, bukan berdasarkan apa yang tidak ada padamu.

Ibrani 13:5  Janganlah kamu menjadi hamba uang dan cukupkanlah dirimu dengan apa yang ada padamu. Karena Allah telah berfirman: “Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau.”

image

OBSERVATION
Apa yang ada padamu? Itulah kesimpulan yang bisa kita ambil dari ayat-ayat di atas. Seringkali kita terjebak dalam pandangan yang salah, kita sering terpaku kepada hal-hal yang tidak ada pada kita atau yang tidak kita punyai dan mengabaikan apa yang ada di tangan kita. Ketika kita mulai fokus dengan apa yang tidak ada pada kita maka yang ada hanyalah kita akan iri hati dan mulai menginginkan dan membandingkan diri kita dengan apa yang ada pada orang lain. Cara berpikir yang demikian harus segera kita perbaharui.

Dalam kisah di markus 6 ini, tentunya Yesus sudah tahu bahwa murid-muridNya tidak mempunyai cukup makanan untuk diberikan kepada orang banyak yang mengikuti mereka. Namun Yesus tetap bertanya kepada murid-muridNya berapa roti yang ada pada mereka. Kemudian dengan apa yang ada itu, Yesus mengadakan mujizat sehingga banyak orang mendapat berkat pada hati itu. Kejadian ini mengajarkan kita untuk memulai apa yang ada pada kita dan bukannya apa yang tidak ada pada kita.

Mungkin kita tidak memiliki koneksi seluas teman kita yang sukses. Mungkin kita tidak dikelilingi teman yang hebat seperti yang dimiliki oleh orang lain. Mungkin kita tidak memiliki talenta sebanyak yang dimiliki oleh orang lain. Mungkin kita tidak memiliki kemampuan finansial seperti yang lain. Jangan kecewa dulu !!! Ada kabar baik Tuhan tidak tertarik dengan apa yang tidak ada pada kita. Dia tertarik bagaimana kita memakai apa yang telah Dia percayakan ada pada kita.

Hal lain yang saya dapatkan adalah Tuhan  bisa memakai apa saja. Allah pernah memakai tongkat, 5 roti dan 2 ikan untuk melakukan perkara-perkara yang luar biasa. Hal-hal kecil, hal sederhana, bahkan hal yang bagi kita mungkin tidak ada artinya jika itu diserahkan kepada-Nya maka dapat dipakai untuk melakukan hal-hal luar biasa. So bukan cuma soal apa yang ada padamu saja tetapi pada siapa kita menyerahkan apa yang ada pada kita.

APPLICATION
Do something with what God has given you!
1. Observasilah apa yang ada padamu
2. Mengucap syukurlah, setialah dengan apa yang ada padamu & kembangkan kapasitasmu
3. Undang Yesus berperkara dengan apa yang anda punyai

PRAYER
Aku bersyukur buat setiap hal, setiap talenta yang Engkau berikan kepadaku. Tuhan mampukan aku untuk tetap setia dan mengembangkan apa yang telah Engkau percayakan kepadaku. Kalau Engkau dulu bisa pakai tongkat, 5 roti dan 2 ikan utk memuliakanMu maka Tuhan pakailah hidupku dan apa yang ada padaku untuk memuliakanMu. Dalam nama Yesus. Amin!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s