Moved with Compassion

image

SCRIPTURE
Matius 9:36  TB
Melihat orang banyak itu, tergeraklah hati Yesus oleh belas kasihan kepada mereka, karena mereka lelah dan terlantar seperti domba yang tidak bergembala.

Matthew 9:36 NKJV
But when He saw the multitudes, He was moved with compassion for them, because they were weary and scattered, like sheep having no shepherd.

OBSERVE
Sungguh menarik mengetahui hal apa yang sampai bisa menggerakkan hati Yesus. Di ayat sebelumnya di Matius 9:35 dikatakan “Demikianlah Yesus berkeliling ke semua kota dan desa; Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan memberitakan Injil Kerajaan Sorga serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan.” Ia berjalan keluar masuk kota, desa, dan rumah-rumah ibadat tetapi hatiNya tidak tergerak oleh seberapa bagusnya pelayanan orang yahudi di sinagoge, Dia tidak tergerak oleh berapa banyak taurat yang berhasil mereka hapal. Tetapi apa yang menarik perhatiannya adalah ketika Dia melihat kerumunan massa. Tetapi bukan asal kerumunan massa saja. Tetapi kerumunan massa yang digambarkan dengan lelah dan terlantar seperti tidak bergembala.

Kalau jaman sekarang yah boleh dibilang Yesus tidak akan terkesan dengan rutinitas pelayanan kita, mungkin juga dengan produktivitas pelayanan kita, dengan seberapa bagusnya team pelayan mimbar kita, dengan bagusnya team multimedia, sound system, lighting yang ada di gereja kita yang harganya sangat mahal. Bahkan juga dengan massa jemaat yang banyak tetapi yang tidak punya belas kasihan kepada yang terhilang.

Tetapi Hatinya tergerak oleh belas kasihan ketika banyak orang yang lelah dan terlantar (jiwa yang terhilang) itu boleh datang untuk mendengar kabar keselamatan. Yesus selalu tergerak oleh jiwa dan bukan apa yang bisa kita tampilkan. Apa yang menarik dan menggerakkan hati kita belum tentu menarik n menggerakkan hatiNya Tuhan. Ketahuilah bahwa hatiNya Tuhan selalu ada di jiwa-jiwa yang terhilang ini.

APPLICATION
Ironis sekali kalau kita menyangka bahwa apa yang telah kita lakukan selama ini berhasil belum tentu menarik dan menggerakkan hatiNya Tuhan. Maukah kita memiliki hidup melayani yang berhasil dan disertai tanda-tanda ajaib? Milikilah hati Yesus (belas kasihan untuk jiwa-jiwa) dalam setiap apapun yang kita lakukan.

Sadari bahwa di sekitar kita ada banyak orang-orang yang hidupnya seperti domba yang lelah dan terlantar dan tidak bergembala. Mungkin ada senyum, ria, gembira di wajah mereka tetapi itu belum tentu ada di hati mereka. Mungkin mereka berkecukupan secara finansial tetapi miskin damai sejahtera. Kalau kita mau saja membuka hati maka kita akan melihat realita betapa lelah dan terlantarnya kehidupan mereka.

Adakah orang yang belum percaya yang namanya yang kita bawa dalam doa kita saat ini? Kalau kita mengasihi Tuhan Harusnya kita juga akan mengasihi apa yang Dia kasihi. Jadikan belas kasihan kepada jiwa-jiwa ini menjadi dasar / motivasi dari setiap pelayanan kita. Nah pertanyaannya apa yang menggerakkan hati kita sekarang? Apa dasar motivasi dari setiap pelayanan kita? Apakah itu lahir dari kasih kita kepadaNya? Apakah yang menggerakkan hati kita sama dengan apa yang mengerakkan hatiNya?

PRAYER
Tuhan berikan aku hati seperti hatiMu yang penuh dengan belas kasihan kepada jiwa-jiwa. Beri aku mata seperti mataMu untuk melihat tuaian di sekelilingku. Beri aku tangan seperti tanganMu untuk melakukan Tugasku. Beri aku kaki seperti kakiMu agar aku selalu berjalan dalam jalan-jalanMu. Biar apa yang merobek hatiMu itulah yang merobek hatiku. Apa yang kau cari itulah yang aku cari. Apa yang Engkau bangun itu yang aku bangun. Apa yang menggerakkan HatiMu itu yang menggerakkan hatiku. Dalam nama Yesus Amin.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s