Devotion

Rute Tersingkat

image

SCRIPTURE

Yohanes 4:3-4 TB
Ia pun meninggalkan Yudea dan kembali lagi ke Galilea. Ia harus melintasi daerah Samaria.

John 4:3-4 MSG
He left Judea and returned to Galilee.
It was necessary for Him to go through Samaria.

image

OBSERVATION
Israel di jaman Yesus terbagi menjadi 3 wilayah utama galilea di sebelah utara, yudea di sebelah selatan dan yang berada di tengah-tengah antara galilea dan yudea adalah samaria. Untuk pergi dari Yudea ke Galilea maupun sebaliknya biasanya orang Farisi dan Yahudi akan mengambil jalan memutar menghindari daerah samaria (rute terjauh). Ini dikarenakan faktor sejarah dimana ada perselisihan dan ketidaksukaan satu sama lain antara orang Israel dengan orang samaria, sedangkan Yesus berbeda. Yesus melewati samaria yang merupakan rute terdekat menuju tujuanNya (ke galilea) dan Yesus berkata Dia harus melintasi daerah samaria dan disanalah dia bertemu dengan perempuan samaria. Yang akhirnya melalui wanita itu banyak orang samaria boleh percaya kepada Dia.

APPLICATION
Rute tersingkat untuk menyenangkan hati Tuhan adalah dengan menjangkau jiwa2 (Amanat Agung). Sewaktu kita bertemu dgn orang yang tidak percaya ada 2 respons yg bisa kita berikan kita bisa menghindarinya (tidak peduli) atau mendekatinya (peduli).

Jadilah seperti Yesus yang berbeda dengan kebanyakan orang pada waktu itu yang memilih untuk mendekatinya.., bahkan kepada orang-orang  yang kita rasa tidak layak untuk diselamatkan. Seperti yang kita pelajari beberapa hari yang lalu, Kalau kita benar-benar mengasihinya bukankah kita juga akan mengasihi apa yang Dia kasihi?

PRAYER
Tuhan aku mau menyenangkanMu, aku tahu rute tersingkat untuk menyenangkanMu adalah ketika aku mengasihi dan menjangkau apa yang Engkau kasihi. Tuhan pertemukan aku hari ini dengan orang-orang yang membutuhkan kasihMu. Dan pakailah hidupku untuk menceritakan kasihMu dalam hidup mereka. Dalam nama Yesus. Amin.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s