Devotion

Waiting Patiently

image

SCRIPTURE
Ibrani 6:15  TB
Abraham menanti dengan sabar dan dengan demikian ia memperoleh apa yang dijanjikan kepadanya.

Ibrani 6:15  FAYH
Kemudian dengan sabar Abraham menunggu sampai Allah akhirnya memberi dia seorang putra, Ishak, sebagaimana yang telah dijanjikan-Nya.

Hebrews 6:15  And so after waiting patiently, Abraham received what was promised.

Abraham menunggu dengan sabar (waited long and endured patiently), maka ia menerima apa yang dijanjikan Allah kepadanya. (Ibrani 6:15 BIS,AMP)

image

OBSERVATION
Menunggu adalah pekerjaan yang membosankan dan menjengkelkan. Pernahkah mengantri dalam sebuah antrian yg panjang? Susah rasanya untuk tetap bisa sabar menunggu sampai tiba giliran kita. Tetapi justru inilah salah satu kunci untuk doa yang efektif, kita harus bersedia untuk tetap bersabar dan menanti dengan tekun. Abraham menunggu 25 tahun untuk ishak. Setiap ketidaksabaran hanya akan mendatangkan masalah dan kerugian, ismail yang lahir dari ketidaksabaran akhirnya hanya menimbulkan masalah dalam hidup Abraham.

Begitu juga dalam antrian tadi kalau kita tidak bersabar malah mungkin akan keluar dari antrian dan tidak mendapatkan apa yang kita inginkan.  Kita juga bisa melihat proses metamorfosis sempurna dari ulat  menjadi seekor kupu-kupu juga membutuhkan waktu untuk menunggu hingga proses metamorfosis itu selesai yang biasa kita sebut dengan kepompong. Bayangkan apa yang akan terjadi jika karena ketidaksabaran, kita berusaha membuka kepompong itu utk melihat apa isinya. Maka yang terjadi adalah proses metamorfosis tersebut akan gagal dan akan mati. Ingat orang yang tergesa-gesa akan salah langkah.(Amsal 19:2) dan hanya akan mengalami kekurangan.(Amsal 21:5)

Mungkin kita telah berdoa tetapi belum mendapatkan jawaban dan hampir  putus asa. Ingatlah bahwa Tuhan tidak bekerja sesuai dengan jadwal yang kita inginkan. Dia bekerja sesuai jadwal-Nya. Hati-hati karena Ketidaksabaran dapat membuat kita hanya menerima apa yg baik dan kehilangan apa yg terbaik yang sudah Tuhan sediakan.

APPLICATION
– Kalau apa yang kita tunggu itu adalah bagian dari janji Tuhan sama seperti yang telah dijanjikan kepada Abraham maka ingat kita harus tetap menunggu dengan sabar dan bertekun sampai janjiNya digenapi. Ingat setiap ketidaksabaran hanya akan mendatangkan kerugian.
– Jangan berusaha mendahului Tuhan. Bersabar akan memampukan kita untuk menerima yang terbaik dari Tuhan daripada hanya apa yang baik menurut kita.

PRAYER
Tuhan aku tahu bahwa salah satu elemen dari kasih itu sabar. Itu artinya kalau aku mengasihiMu aku juga harus memiliki kesabaran dalam hidupku. Tuhan aku minta hati yang sabar, kekuatan dalam menantikan janjiMu. Menanti dengan penuh pengharapan. Aku mau bersabar dan tidak mau berusaha mendahuluiMu. Karena ku tahu Engkau selalu bekerja tepat pada waktuMu. Dalam nama Yesus Amin….

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s