Prioritas

image

SCRIPTURE
Matius 6:33 
Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.

Matius 6:33  BIS
Jadi, usahakanlah dahulu supaya Allah memerintah atas hidupmu dan lakukanlah kehendak-Nya. Maka semua yang lain akan diberikan Allah juga kepadamu.

Matthew 6:33  NIV
But seek first his kingdom and his righteousness, and all these things will be given to you as well.

Matthew 6:33  AMP
But seek (aim at and strive after) first of all His kingdom and His righteousness (His way of doing and being right), and then all these things taken together will be given you besides.

OBSERVATION
Kata “carilah dahulu”, “usahakanlah dahulu”, “seek first”, “seek first of all” menunjukkan kalau hal inilah yang harus didahulukan daripada hal-hal lainnya dalam hidup kita. Sesuatu yang didahulukan dan diutamakan dari hal yang lain disebut “prioritas”.

Prioritas penting sekali harus ada dalam hidup kita. Alasan mengapa kita butuh prioritas adalah karena kita tidak bisa melakukan semua hal dalam satu waktu. Kita dibatasi oleh ruang dan waktu. Oleh karena itu ada hal yang kita utamakan dulu untuk dilakukan dan ada hal yang bisa kita lakukan belakangan.

Contoh misalnya coba bayangkan 5 peristiwa ini terjadi dalam satu waktu yang sama:
A. Telepon berdering
B. Adik bayi menangis
C. Air yang kita masak sudah mendidih
D. Baju jemuran belum diangkat, kondisi di luar hujan deras
E. Tamu mengetuk pintu

Coba kita bayangkan apakah kita dapat melakukan semua hal itu dalam 1 waktu. Pasti setiap kita akan melakukan dahulu apa yang kita anggap paling penting barulah hal-hal yang kita anggap kurang penting.

Contoh lain kita hanya memiliki uang yang hanya cukup untuk membeli 1 dari 2 barang yang kita mau beli. Pastinya kita akhirnya membeli barang yang paling urgent, yg lebih penting untuk kita beli saat itu.

image

Prioritas adalah sesuatu yang kita dahulukan daripada hal lain ketika dihadapkan secara bersamaan. Ada quote yang berkata “The main thing is to keep the main thing the main thing.” hal yang paling utama adalah tetap menjadikan hal yang utama tetap ada di tempat yang utama. Kegagalan kita dalam menentukan prioritas membuat kita seringkali mengalami overload, overlapping job, membuat kita merasa kekurangan waktu, dan ingat sesuatu yang dilakukan melebihi kapasitasnya akan bersifat merusak.

Itulah sebabnya Firman Tuhan juga mengajarkan pada kita utk bisa setting prioritas dalan hidup kita. Dari ayat ini ada 2 hal penting yang harus kita dahulukan untuk dicari dibandingkan hal-hal lain yaitu mencari kerajaan Allah dan kebenarannya. Mencari kerajaan Allah dan kebenarannya maksudnya adalah kita menjadikan Yesus sebagai Tuhan atas seluruh aspek hidup kita. Dengan kata lain menempatkanNya sebagai prioritas utama dalam hidup kita.

Selalu ada alasan dibalik sebuah pilihan yang kita ambil. Selalu ada alasan mengapa satu hal lebih diutamakan dari hal yang lain. Kalau kita melihat mengapa Tuhan menginginkan kita mencari dahulu kerajaan Allah dan kebenarannya adalah karena untuk kebaikan kita sendiri. Tuhan meminta kita memprioritas Tuhan bukan untuk kepentingan Tuhan tetapi untuk kepentingan kita karena kalau kita melihat hasil dari prioritas yang benar ini maka dikatakan semuanya itu (hal yang mungkin kita cari atau yang banyak orang cari) akan ditambahkan dalam hidup kita.

image

Prioritas itu erat kaitannya dengan kepentingan. Singkatnya prioritas berbanding lurus dengan kepentingan. Semakin tinggi kepentingannya semakin tinggi level prioritasnya. Mengapa Tuhan mau kita memiliki Prioritas ini? Artinya karena kita ini penting dihadapaNya dan semua ini juga untuk kepentingan kita.

APPLICATION
Guys gals. Tuhan menjadikan kita sebagai prioritasNya, bagaimana dengan kita apakah kita Juga menjadikanNya prioritas dalam hidup kita? Mari kita jadikan Tuhan sebagai prioritas utama dalam hidup kita.

Waktu kita bangun pagi apakah yang kita lakukan dahulu? Nonton tv atau berdoa, sarapan atau baca Firman? Kalau kita lihat contoh yg diberikan Yesus. Pagi-pagi benar, waktu hari masih gelap, Ia bangun dan pergi ke luar. Ia pergi ke tempat yang sunyi (solitary place, deserted place, lonely place, isolated place, ) dan berdoa di sana. (Markus 1:35)

Kita dapat belajar 2 hal dari cara  Tuhan Yesus ketika berdoa:
1. Menjadikan itu hal yang paling penting, prioritas utama sebelum memulai semua pelayanan-Nya. (Pagi2 benar)
2. Menjadikan itu sebagai hal yang sangat pribadi, special, secret place, yg hanya ada Dia dan Bapa (tempat yang sunyi).

Mari awali hari kita dengan membangun relasi denganNya, membaca, merenungkan, dan melakukan kebenaran FirmanNya dalam hidup kita. Jadikan Tuhan sebagai fokus, sebagai motivasi kita dalam melakukan segala sesuatu.

PRAYER
Tuhan terima kasih karena Engkau menjadikan aku sebagai prioritasMu, sehingga Engkau mau mati menebus dosa-dosaku. Engkau menjadikan aku berharga dihadapanMu. Bahkan semua hal yang Engkau minta untuk aku utamakan juga bukanlah untuk kepentingan dan keuntunganMu tetapi untuk kepentingan dan keuntunganku sendiri. Terima kasih Tuhan, aku mau mengutamakan Engkau dalam hidupku. Mampukan aku untuk melakukannya ya Tuhan. Aku mau melakukan segala sesuatu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia. Dalam nama Yesus. Amin.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s