What’s your motive?

image

SCRIPTURE
Yohanes 3:16 TB
Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

John 3:16 AMP
For God so greatly loved and dearly prized the world that He [even] gave up His only begotten (unique) Son, so that whoever believes in (trusts in, clings to, relies on) Him shall not perish (come to destruction, be lost) but have eternal (everlasting) life.

OBSERVATION
Kita pasti pernah mendengar peribahasa “ada udang di balik batu” yang artinya jika seseorang kelihatannya berbuat baik, belum tentu hatinya tulus. Bisa jadi ia memiliki maksud-maksud tertentu atau tersembunyi. Itulah yang dinamakan motivasi dibalik sebuah tindakan.

Motivasi adalah sesuatu yang melandasi, yang menjadi alasan mengapa kita melakukan sesuatu. Motivasi juga akan mempengaruhi tujuan dari tindakan kita.

Dalam setiap tindakan pasti akan mempunyai 2 hal ini:
1. Tujuan
Selalu ada tujuan dibalik sebuah keputuaan/perbuatan. Dalam ayat ini kata “supaya” menunjukkan Tujuan Allah memberikan Yesus untuk mati disalibkan bagi kita adalah agar setiap orang yang pecaya kepada Yesus tidak binasa melainkan beroleh hidup yang kekal. Tujuan yang sangat mulia, Dia bahkan memberikan yang terbaik yang Dia miliki untuk kepentingan kita dan bukan untuk kepentinganNya sendiri. Sangat beda jauh bukan dengan tujuan dari apa yang selama ini kita lakukan/putuskan kebanyakan untuk kepentingan kita sendiri. So penting sekali untuk memiliki tujuan yang benar dalam hidup kita. Jangan sampai kita punya tujuan yang salah atau bahkan tidak punya tujuan hidup sama sekali.

2. Motivasi
Selain ada tujuan, dibalik setiap tindakan juga tersembunyi motivasi apakah yang menjadi alasan mengapa kita memutuskan atau berbuat sesuatu. Inilah hal yang sangat penting yang melatarbelakangi setiap perbuatan dan keputusan kita.

Penting untuk memiliki tujuan yang benar dalam hidup kita, tetapi yang jauh lebih penting dari tujuan yang benar adlah motivasi yang benar. Kita bisa saja melakukan hal yang benar tetapi dengan motivasi yang salah. Seringkali tujuan yang besar dan benar itu datang dari motivasi yang benar dan tulus.

Kalau kita melihat ketika masa pemilihan presiden, gubernur, calon legislatif sudah dekat maka akan ada banyak hal yang baik dan bermanfaat bagi masyarakat yang akan dikerjakan misalnya jalan yang rusak diperbaiki, pemberatasan Korupsi digalakkan, pemberian bantuan langsung. Padahal sebelumnya sulit sekali untuk mengurus hal itu. Biasanya para politikus akan melakukan hal ini pada saat menjelang  pemilu atau pemilihan legislatif dgn tujuan untuk menarik simpati dari masyarakat agar kemudian memilih mereka pada pemilihan. Mereka berbuat begitu bukan karena memang itu memang bagian dari tugas dan panggilan mereka tetapi karena ada udang di balik batu.

Kalau kita lihat apa yang dilakukan Allah Bapa dalam mengaruniakan Yesus bagi kita selain punya Tujuan yang besar, juga didasari oleh motivasi yang murni yaitu “karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini” kata “karena” menunjukkan kalau inilah alasan, inilah motivasiNya dibalik karya terbesar yang Tuhan lakukan bagi kita ini. Dia tidak memberikan Yesus supaya Dia mendapat keuntungan, sekali-kali tidak bukan itu. Ia melakukannya karena Ia mengasihi kita. Karena begitu besar kasihNya. Inilah motivasi yang menghasilkan tujuan dan perbuatan yang luar biasa yang mengubah setiap kita.

APPLICATION
1. Tetapkan tujuan dibalik setiap keputusan kita.
Penting sekali untuk memiliki tujuan yang benar dalam hidup kita. Jangan sampai kita punya tujuan yang salah atau bahkan tidak punya tujuan hidup sama sekali.

2. Coba check motivasi seperti apakah yang melatarbelakangi pilihan kita
Motivasi dibalik tindakan akan sangat menentukan apakah perbuatan kita itu akan berkenan atau tidak berkenan di hadapanNya.

image

Paulus mengatakan dalam 1 Korintus 13:3
Dan sekalipun aku membagi-bagikan segala sesuatu yang ada padaku, bahkan menyerahkan tubuhku untuk dibakar, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih (motivasi yang benar), sedikit pun tidak ada faedahnya bagiku. Ingat tanpa ada motivasi yang benar maka mau tujuan mau sebesar apapun tidak akan berkenan.

Masih ingat devotion kita kemarin kalau Tuhan tidak melihat apa yang kita lihat. Manusia melihat tampilan luar, Tuhan melihat hati. Manusia melihat “APA” yang kita perbuat, tetapi Tuhan melihat “MENGAPA” kita berbuat.

Mari kita miliki sikap hidup yang berkenan dimataNya dengan selalu bertanya kepada diri kita sendiri “Apa Motivasiku?” sebelum memutuskan dan berbiat sesuatu. Mari jadikan “KASIH” sebagai motivasi dibalik setiap keputusan dan tindakan kita. GOd bless u all Impactors.

PRAYER
Tuhan murnikan dan ujilah hatiku. Murnikan seperti orang yang duduk memurnikan dan mentahirkan perak (Mal3:3) sehingga wajahMu tergambar jelas di hidupku. Aku minta pikiran dan perasaanMu ada di dalamku. Di dalam Nama Yesus Amin!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s