Seperti yang biasa dilakukannya…

image

SCRIPTURE
Demi didengar Daniel, bahwa surat perintah itu telah dibuat, pergilah ia ke rumahnya. Dalam kamar atasnya ada tingkap- tingkap yang terbuka ke arah Yerusalem; tiga kali sehari ia berlutut, berdoa serta memuji Allahnya, seperti yang biasa dilakukannya.  – Daniel 6:11

OBSERVE
Kalau kita cermati isi dari perintah larangan untuk menyampaikan permohonan kepada dewa maupun kepada manusia selain kepada raja darius hanya berlaku selama 30 hari alias 1 bulan (di ayt 8). Yang menarik adalah Danie tidak berlaku sok bijaksana/arif dengan bisa saja dia tidak berdoa dengan cara yang biasa, dia bisa saja menutup jendela, mengunci kamarnya selama 30 hari ketika berdoa maka ia tetap bisa berdoa n bebas dari jerat hukuman dari perintah itu. Itu memang rasanya lebih win win solution, dan bijaksana, tetapi yang luar biasa dia tidak mengijinkan ancaman itu mempengaruhi tindakan dan sikap hatinya. Ia punya ketetapan hati, bahkan sesaat setelah dia mengetahui perintah tersebut, daniel tidak mencari pembelaan dari raja darius, ataupun temen-temannya yang lain. Hal pertama yg dilakukan setelah mendengarnya adalah dia berlutut, berdoa, n memuji Tuhan seperti yg biasa Dia lakukan.

APPLICATION
Yang bisa kita pelajari dari daniel pagi ini adalah:
1.  Mari belajar lebih memilih untuk takut pada Tuhan dan bukan pada manusia. Melayani, menyenangkan Tuhan dan bukan manusia. Serta tdk mengandalkan himat manusia.
2. Jangan biarkan apa yang terjadi di luar hidup kita mempengaruhi apa yg ada di dlm hidup kita. Bahkan seharusnya yang terjadi adalah sebaliknya apa yg ada di dalam kitalah yang seharusnya mempengaruhi yg di luar.
3. Jadikan Tuhan menjadi hal pertama yang kita tuju ketika menghadapi masalah dan bukan manusia.

PRAYER
Tuhan berikan aku hati yang berketetapan untuk tetap mengasihiMu meskipun semua hal yang ada di sekelilingku tidak mendukungnya. Engkaulah  tempat perlindungan dan kekuatanku, penolong dalam kesesakan yang sangat terbukti. Dalam nama Yesus. Amin

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s