Spot The Difference

image

SCRIPTURE
Keluaran 8:23  Sebab Aku akan mengadakan perbedaan antara umat-Ku dan bangsamu. Besok tanda mujizat ini akan terjadi.”

Keluaran 9:4  Dan TUHAN akan membuat perbedaan antara ternak orang Israel dan ternak orang Mesir, sehingga tidak ada yang akan mati seekor pun dari segala ternak orang Israel.”

Maleakhi 3:18  Maka kamu akan melihat kembali perbedaan antara orang benar dan orang fasik, antara orang yang beribadah kepada Allah dan orang yang tidak beribadah kepada-Nya.

Roma 12:2  Janganlah kamu menjadi serupa (berbedalah) dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

OBSERVATION
Pernahkah kita bermain game Spot the Difference. Game yang menantang kita untuk mencari perbedaan dari 2 gambar yang hampir sama. Perbedaanlah yang menjadi ide dari game ini. Kadang kala ada perbedaan yang sangat jelas dan mudah untuk ditemukan dan ada beberapa yang perlu ketelitian untuk bisa ditemukan.

Salah satu plan besar yang Tuhan inginkan dalam hidup kita adalah untuk hidup tampil beda dengan pola yang ada di dunia ini. Berani hidup berbeda, berani menghidupi nilai yang baru, generasi yang tampil beda dari apa yang bisa ditampilkan dunia.

Nah namun seperti game tadi, pertanyaannya apakah kita yang sudah percaya ini benar-benar hidup tampil beda? Apakah dunia dapat melihat dengan jelas perbedaan hidup yang kita hidupi dengan apa yang ditawarkan dunia? Atau apakah dunia sulit untuk mencari perbedaan atau malah sama sekali tidak ada perbedaan  antara kita yang beriman dengan orang duniawi?

Kalau sampai kita yang percaya, beriman tahu kebenaran ini tidak berbeda/tak ubahnya sama aja dengan orang yang tidak kenal Tuhan maka Ini adalah tragedi sangat ironis. Sudah seharusnya kita sebagai anak-anak terang itu harus tampil beda dengan anak-anak malam (1 Tesalonika 5:5).

“Memang dahulu kamu adalah kegelapan, tetapi sekarang kamu adalah terang di dalam Tuhan. Sebab itu hiduplah sebagai anak-anak terang, karena terang hanya berbuahkan kebaikan dan keadilan dan kebenaran,” (Efesus 5:8-9).”Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga.” (Matius 5:16).

Berbeda artinya tidak sama. Harus ada perbedaan yang jelas antara anak Terang dan gelap.

APPLICATION
Coba kita renungkan masih adakah hal-hal yang kita lakukan yang membuat kita tidak jauh beda dengan dunia ini? Nilai-nilai dunia manakah yang masih mungkin kita anut dalam hidup kita?

Ayo berani tampil beda. Bagaimana agar anak-anak muda dapat tetap di dalam Tuhan dan berani tampil berbeda dengan dunia ini?

1. Hidup sesuai dengan Firman Tuhan
Dengan apakah seorang muda mempertahankan kelakuannya bersih? Dengan menjaganya sesuai dengan firman-Mu. ? Maz 119:9- Tidak mengikuti tren yang tidak sesuai dengan jalanNya bukan berarti akhir dari kehidupan.

2. Menjauhi Hawa Nafsu
Dalam 2 Timotius 2:22 jelas sekali dikatakan untuk menjauhi segala nafsu orang muda. Segala keinginan untuk memenuhi hawa nafsu hanyalah membawa kepada kebinasaan. ?Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia. ? 1 Yoh 2:16 Mintalah kepadaNya agar Dia memberi kekuatan untuk dapat menolak setiap hawa nafsu yang ada.Berjalanlah sesuai dengan Firman Tuhan, dan tetap setia dalam setiap langkah yang diambil baik dalam pergaulan maupun aktifitas apapun. Hidup di dalam kasih Tuhan dan tetap memelihara damai di dalam kehidupan kita.

3. Menjadi Teladan
“Jangan seorangpun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu.” (1 Timotius 4:12).

PRAYER
Berdoalah kepadaNya agar Dia memberi kita  kekuatan untuk dapat menolak setiap hawa nafsu yang ada. Untuk dapat berjalan sesuai dengan Firman Tuhan, dan tetap setia dalam setiap langkah yang diambil baik dalam pergaulan maupun aktifitas apapun.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s