Excellent

image

SCRIPTURE
Amsal 22:29  TB
Pernahkah engkau melihat orang yang cakap dalam pekerjaannya? Di hadapan raja-raja ia akan berdiri, bukan di hadapan orang-orang yang hina.

Proverbs 22:29 NKJV
Do you see a man who excels in his work? He will stand before kings; He will not stand before unknown men.

Proverbs 22:29  BE
Have you seen a man who is expert in his business? he will take his place before kings; his place will not be among low persons.

OBSERVATION
Excellent” = melampaui standar yang biasa, rata-rata, tidak baik, atau tidak memenuhi syarat. “Excellent” = to be superior in quality, greater in quantity, to transcend your job description and to outdo yourself each time.

3 hal penting soal excellent:
1. Mudah terlihat, tidak bisa disembunyikan
Kualitas dari seseorang yang excellent tidak dapat disembunyikan itu akan tampak jelas dihadapan orang-orang.

2. Berhubungan dengan apa yang kita kerjakan
Excellent selalu berhubungan dengan apa yang kita kerjakan dan bukan apa yang tidak kita kerjakan dan juga bukan apa yang orang lain kerjakan. Ingat Tuhan hanya akan memberkati apa yang kita kerjakan.

Kualitas yang baik tidak akan pernah bisa kita capai kalau kita hanya duduk-duduk saja dan berharap yang terbaik akan datang. Kualitas yang baik hanya bisa didapat karena diupayakan. Maksudnya, kita harus dengan sengaja berusaha menghasilkan kerja dengan kualitas yang baik. Kita tidak boleh mengkompromikan kualitas pekerjaan kita. Seringkali justru perkara-perkara kecil-lah yang merusak kehidupan. Kadang justru hal-hal detail kecil, kompromi-kompromi kecil yang merusak kehidupan kita.

Quality never happens by chance, it is always the result of high intention” – William Foster (1917 -1945)

When you start on time, you are rewarding virtue… if you start late, you’re rewarding vice.” – Dr. Edwin Louis Cole

3. Membawa promosi dalam hidup kita
Jangan pernah mengejar promosi, tetapi jadilah pribadi yang memang layak dipromosi. Kejar kualitasnya bukan jabatan / promosinya. Kualitas yang kita kerjakan akan membuka atau menutup pintu bagi kita.
Kalau tidak ada orang yang terkesan dengan  pekerjaan anda maka mungkin apa yang anda lakukan itu biasa-biasa aja. Beyond Call of duty. Mat 5:41Extra mile (excell go to extra mile) kalau kita mengerjakan apa yang ditugaskan itu bukan excellent, itu memang tugas. Excellent melakukan lebih dari apa yang diharapkan/diminta.

Kej 24:10 Abraham mengutus hambanya yg paling tua (Eliezer) ke Aram (mesopotamia di kota nahor) Doa hambanya ke Tuhan:  Kiranya terjadilah begini: anak gadis, kepada siapa aku berkata: Tolong miringkan buyungmu itu, supaya aku minum, dan yang menjawab: Minumlah, dan unta-untamu juga akan kuberi minum — dialah kiranya yang Kautentukan bagi hamba-Mu, Ishak; maka dengan begitu akan kuketahui, bahwa Engkau telah menunjukkan kasih setia-Mu kepada tuanku itu.” Kejadian 24:14

Dan benar itulah yang terjadi. Ribka melakukan tepat seperti yang didoakan. Padahal hamba abraham hanya meminta tolong beri aku minum. Tetapi ribka bukan hanya memberi hamba abraham minum tetapi juga unta-untanya. Memberi minum 1 orang tu si gampang dan bukan  masalah, namun kalau memberi minum unta? Unta sulit untuk dipuaskan dahaganya apalagi 10 unta tetapi ribka dikatakan memberi minum unta-unta itu sampe puas. (note: Di musim panas, seekor unta biasanya akan minum sebanyak 20 liter air) bayangkan berapa kali ribka harus bolak balik menimba air sari sumur hingga semua unta-unta itu puas minum?

Musuh utama excellent adalah kemalasan. Bukan cuma itu malah kemudian ketika ditanya apakah ada tempat bermalam, ribka menjawab “Baik jerami, baik makanan unta banyak pada kami, tempat bermalam pun ada.” (Kejadian 24:25). Wow..dia melakukan lebih dari sekedar yang diminta. Ada banyak perempuan yang datang kesana biasanya untuk menimba air (Kej 24:11,13) tetapi cuma dia yang excellent. Kualitas excellent yang dimilikinya akhirnya membuat dia ikut menjadi istri dari Ishak (anak perjanjian), ikut dalam garis keturunan Yesus yang melahirkan Esau dan Yakub.

Orang yang excellent akan melakukan pekerjaannya sebagai kesukaan bukan terpaksa (Part of life value).

Excellent tidak mengejar gaji/salary tapi potensi (saya tahu saya bisa melakukanny lebih baik lagi terserah berapapun  bayarannya)

Excellent berarti rajin dan senang disibukkan Kalau anda excellent dalam pekerjaan anda tapi tidak dihargai secara langsung. Itu  artinya Tuhan sedang melatih ketajaman excellent kt. Kadang Tuhan melatih kita di suatu tempat, dan membayar upahnya di tempat yg laen.

Excellent- attention to details. Memperhatikan hal-hal yang kecil, menghargai hal-hal kecil dan setia pada hal-hal kecil. Ribka bukan cuma menjawab kebutuhan eliezer namun juga memperhatikan unta-unta yang ada bersamanya.

Excellent akan membuat anda menjadi pribadi yang akan terus dicari-cari atau disibukkan karena kualitas yang kita miliki.  Tetapi jangan sampai membuat anda kehilangan waktu untuk saat teduh. Jangan korbankan hal yang terpenting dalam hidup anda yaitu saat teduh anda dengan Tuhan.

APPLICATION
– Dengan kualitas seperti apakah kita mengerjakan apa yang ditugaskan kepada kita untuk kita kerjakan? Dengan biasa-biasa/asal jadi/excellent?
– Apakah anda yang selalu ditugaskan untuk menangani perkara yang besar? Kalau iaya kemungkinan besar anda sudah dipercayai oleh atasan anda. Kalau belum jangan kecil hati, coba check dulu pertanyaan pertama di atas? Kalau sudah excellent, jangan kejar promosinya, tapi tetap setialah. Ingat kadang Tuhan melatih kita di suatu tempat, dan membayar upahnya di tempat yg laen.
– Apakah anda kewalahan dengan semua tanggung jawab besar yang dialamatkan ke anda sampai-sampai kehilangan waktu untuk saat teduh? Tetap jadikan saat teduh sebagai prioritas utama. Kalau anda kehilangan waktu untuk ini anda kehilangan semua yang dialamatkan kepada anda. Eliminasilah yang lain bukan waktu saat teduhmu.

PRAYER
Berdoa agar setiap kita memiliki kualitas setia dan excellent dalam hidup kita. Biar apa yang kita lakukan bisa memuliakan Nama Tuhan baik dalam hal pelayanan di gereja maupun ketika kita ada di rumah, sekolah, kampus & kantor.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s