Devotion

Giving Heart

image

SCRIPTURE
Kisah Para Rasul 20:35  TB
Dalam segala sesuatu telah kuberikan contoh kepada kamu, bahwa dengan bekerja demikian kita harus membantu orang-orang yang lemah dan harus mengingat perkataan Tuhan Yesus, sebab Ia sendiri telah mengatakan: Adalah lebih berbahagia memberi dari pada menerima.”

Acts 20:35 NIV
…: ‘It is more blessed to give than to receive. ‘”

Acts 20:35 MSG
.., ‘You’re far happier giving than getting. ‘”

Acts 20:35 BE
…, There is a greater blessing in giving than in getting.

OSERVATION
Beberapa hal penting tentang memberi:
1. Memberi adalah lebih baik daripada menerima.

Mana lebih menyenangkan memberi atau menerima? Tentu saja lebih menyenangkan menerima daripada memberi. Memberi lebih sulit daripada menerima. Dari kecil kita terbiasa dan tidak perlu dilatih untuk  menerima tetapi untuk memberi kita perlu dilatih.

Yesus berkata lebih baik memberi daripada menerima. Tidak ada yang salah dengan menerima, tetapi ketika kita memberi membuat kita berada di level yang lain. Memberi berada di level yang lain daripada menerima.

2. Menerima adalah tentang kita, Memberi adalah tentang orang lain

Menerima selalu berhubungan dengan keinginan kita, dan memberi adalah ketika kita mulai mementingkan kepentingan orang lain. Semua problem baik dalam pekerjaan, relationship, pelayanan itu dimulai dari kepentingan diri sendiri. Kegagalan kita dalam area memberi (mementingkan orang lain) akan timbul konflik.

3. Memberi membuat dunia kita semakin besar.

Matius 6:21  Berkata “Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada.” Ketika kita memberi maka dimana harta kita berada hati kita juga ada disana, saat kita memberi kepada yang membutuhkan maka dunianya orang itu akan menjadi dunianya kita juga. Hidup kita akan diexpand menjadi besar. Hati kita akan diexpand sejauh mana kita bisa memberi. Bapa memberikan Yesus bagi kita sebagai bukti kasihNya. Kasih selalu identik dengan memberi dan bukan menerima. Ketika kita memberi kita menjadi representatifnya Tuhan karena Diapun suka memberi. Kita menjadi serupa dengan Kristus salah satunya ketika kita memberi.

Amsal 11:24 
Ada yang menyebar harta, tetapi bertambah kaya, ada yang menghemat secara luar biasa, namun selalu berkekurangan.

Proverbs 11:24 MSG
The world of the generous gets larger and larger; the world of the stingy gets smaller and smaller.

4. Banyak memberi akan diberi kelimpahan

Amsal 11:25   berkata “Siapa banyak memberi berkat, diberi kelimpahan, siapa memberi minum, ia sendiri akan diberi minum. ” dlam terjemahan NIV Dituliskan
“A generous man will prosper; he who refreshes others will himself be refreshed.”

Jadi sebenarnya be generous dulu baru will prosper. Memberi dulu baru akan diberi kelimpahan, jadi bukan menunggu sampai hidup berlimpah dulu baru memberi. Nah kenapa diberi kelimpahan? Supaya kita dapat memberi kepada lebih banyak orang lagi. Alasan kenapa kita diberkati adalah supaya kita bisa menjadi berkat.

Ingat menerima terus, menuntut terus itu bahaya. Seperti laut mati, mengapa dikatakan laut mati karena air yang mengalir kesana tidak lagi mengalir ke tempat lain. Air hanya berhenti sampai disana saja. Lalu apa akibatnya di laut mati terdapat kadar garam yang sangat tinggi sehingga mengakibatkan tidak ada satu makhluk hidup pun yang bisa hidup di dalam laut mati. Tidak ada kehidupan ketika kita hanya menerima menerima dan menerima saja. Kehidupan dimulai saat kita bisa memberi.

APPLICATION
– Mari kita belajar untuk lebih banyak memberi. Jadi orang yang murah hati
– Belajar memberi dengan hati yang benar. Jangan memberi dengan motif untuk mendapatkan sesuatu. Don’t give with a getting heart. Memberi dengan motif ini seringkali akan membuat kita banyak menuntut dari apa yang kita beri.

Kalau kita memberi dengan hati yang memberi. Give with a giving heart, maka kita tidak akan pernah kecewa karena kita tidak pernah mengharapkan apa-apa dari seseorang.

– Untuk kita yang menerima, coba check dan tanya motif dari sang pemberi. Kalau tidak ada motif getting heart terimalah. Jangan menerima sesuatu yang ada udang dibalik batunya.

Memberi disini bukan melulu soal uang tetapi bicara soal kemurahan hati. Murah hati dalam apapun yang kita lakukan misalnya murah hatilah dalam pujianmu kepada orang yang memang layak dipuji, dengan doamu, dengan pengampunan, dll.

PRAYER
Mari kita datang pada Tuhan dan mintalah hati yang murah hati seperti hatiNya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s