Devotion

Perfect Peace

image
“Peace in the Midst of the Storm” by Jack E. Dawson

SCRIPTURE
Yohanes 16:33 
Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya kamu beroleh damai sejahtera dalam Aku. Dalam dunia kamu menderita penganiayaan, tetapi kuatkanlah hatimu, Aku telah mengalahkan dunia.”

Yohanes 16:33 BIS
Semuanya ini Kukatakan supaya kalian mendapat sejahtera karena bersatu dengan Aku. Di dunia kalian akan menderita. Tapi tabahkan hatimu! Aku sudah mengalahkan dunia!”

John 16:33 NIV 
“I have told you these things, so that in me you may have peace. In this world you will have trouble. But take heart! I have overcome the world. ”

John 16:33 AMP
I have told you these things, so that in Me you may have [perfect] peace and confidence. In the world you have tribulation and trials and distress and frustration; but be of good cheer [take courage; be confident, certain, undaunted]! For I have overcome the world. [I have deprived it of power to harm you and have conquered it for you.]

John 16:33 MSG
I’ve told you all this so that trusting me, you will be unshakable and assured, deeply at peace. In this godless world you will continue to experience difficulties. But take heart! I’ve conquered the world. ”

OBSERVATION

Apa itu damai sejahtera?

Kalau saya boleh mengambil cerita yang mungkin sudah sering kita dengar tentang kisah lukisan damai sejahtera. Ada sayembara melukis dengan tema “damai sejahtera”. Dan ada 3 pelukis yang menyelesaikan lukisannya.

Lukisan 1 : ada sebuah danau biru yang bening dengan ikan-ikan yg banyak dan ditengah-tengah terdapat perahu kecil dan seorang yang  sedang bersiul memancing dengan udara sepoi-sepoi dan langit biru yg cerah “Inilah damai sejahtera” kata pelukis pertama.

Lukisan 2 : ada sebuah gunung yang hijau, udara khas yg sejuk dengan sawah-sawah.. matahari yg cerah, pohon yang rindang.. dan 2 orang sedang duduk dibawah pohon sambil tertawa bahagia. “Inilah damai sejahtera” kata pelukis ke2.

Lukisan 3 : Sebuah tempat yang seram karena sedang terjadi badai, ditengah-tengah ada angin topan, langit yang gelap dengan sambaran petir dimana-mana. Sebuah batu karang yang diterjang ombak. langit hitam pekat bahkan terlihat abstrak karena warna yang dipakai hanya warna gelap.. tapi, terdapat 1 batu karang yang ada lubang, didalamnya terdapat seekor burung pipit sedang bersiul riang. “Inilah damai sejahtera” kata pelukis ke3.

Dan pemenangnya adalah lukisan yang ke 3.
Damai sejahtera bukanlah dimana kita sedang dalam keadaan atau posisi nyaman2 saja tanpa masalah, itu namanya comfort zone. Ingat damai berbeda dengan nyaman.

Damai sejahtera adalah ketika seseorang yang tetap bisa tersenyum ketika badai masalah datang menerpanya. Damai sejahtera bukan jaminan tidak ada badai di depan kita.

Damai sejahtera tidak datang dari luar tetapi dari dalam hati kita. Damai sejahtera tidak didasarkan apa yang ada di sekitar kita tetapi apa yang ada di dalam kita. Damai sejahtera tidak dapat terkontaminasi oleh virus kekhawatiran.

Damai sejahtera bukanlah sebatas perasaan saja. Damai sejahtera lebih dalam dari hanya sebuah perasaan. Perasaan kita bisa berubah-ubah. Muncul bukan karena rasa nyaman tetapi muncul dari rasa aman mengetahui Tuhan yang ada bersama dengan kita.

Damai sejahtera juga bukan pemikiran kita karena damai sejahtera melampaui segala akal pikiran kita. (Filipi 4:7)

Sumber dari damai sejahtera adalah dalam Yesus, Dialah alasan kita bisa merasa damai sejahtera. PenyertaanNya, kemenanganNya atas dunia ini menjadi dasar dari damai sejahtera yang kita miliki.

APPLICATION

Kata ” Kuatkanlah hatimu, Aku telah mengalahkan dunia ” seharusnya menjadi kekuatan kita dalam menghadapi pergumulan, persoalan apapun dengan mental seorang pemenang. Apakah anda sedang mengalami penganiaan, mengalami pergumulan yang sangat berat, apakah itu penyakit, apakah itu utang, apapun itu dan anda kehilangan damai sejahtera karenanya?

Damai sejahtera yang sejati datangnya dari Tuhan dan bukan dari apa yang ada dia sekitar kita. Hanya Yesus yang sanggup memberikan damai sejahtera di tengah badai menggelora. Ingat Tuhan sudah mengalahkan apa yang sedang kita hadapi. So jangan biarkan damai sejahtera itu hilang dari padamu, jangan biarkan kekuatiran yang mengusai kita, tetapi datanglah padaNya yang telah mengalahkan dunia dan biarkan damai sejahtera Kristus memerintah dalam hatimu (Kolose 3:15). Anda dipanggil untuk mengalahkan dunia bersama dengan Dia.

Bagaimana kita bisa mendapatkan damai sejahtera?

Dengan melakukan kebenaran/melakukan perintahNya

Damai sejahtera adalah output dari melakukan kebenaran. Setiap kali kita melakukan kebenaran meski ada banyak tantangan kita akan memiliki damai sejahtera. Yesaya 32:17  Di mana ada kebenaran di situ akan tumbuh damai sejahtera, dan akibat kebenaran ialah ketenangan dan ketenteraman untuk selama-lamanya.

PRAYER
Mari kita berdoa minta hati yang taat untuk melakukan Firman Tuhan. Melakukan kebenaran. Minta agar damai sejahtera Kristus yang memerintah dalam hati kita. (Kolose 3:15). Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiran kita dalam Kristus Yesus. (Filipi 4:7) 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s