We died to sin

image

SCRIPTURE
Roma 6:2  TB
Sekali-kali tidak! Bukankah kita telah mati bagi dosa, bagaimanakah kita masih dapat hidup di dalamnya?

Roma 6:2  BIS
Tentu tidak! Dosa tidak lagi berkuasa atas kita, jadi, mana bisa kita terus-menerus hidup dengan berbuat dosa?

Romans 6:2  NIV
By no means! We died to sin; how can we live in it any longer?

Romans 6:2  MSG
I should hope not! If we’ve left the country where sin is sovereign, how can we still live in our old house there?

OBSERVATION
Kita sebagai orang yang percaya harusnya mati bagi dosa artinya keinginan kita untuk berbuat dosa artinya sudah mati. Dalam terjemahan bahasa indonesia sehari-hari kalimat “mati bagi dosa” ditulis “Dosa tidak lagi berkuasa atas kita”. Kita perlu menyadari 1 kebenaran yaitu setelah kita menerima Yesus mungkin cobaan dan godaan akan terus menggoda kita untuk berbuat dosa, tetapi di dalam Yesus kita kemudian dimampukan untuk berkata TIDAK kepada dosa.

Orang yg sudah meninggal tentunya tidak akan tergoda lagi kalau ada uang yang banyak yang dibawa ke hadapannya. Mau dibawa mobil mewah, gadis cantik, kedudukan tetap saja kalau orangnya sudah mati tidak akan bergeming atas itu semua. Tetap saja terbaring di dalam peti mati.

Nah tapikan kita masih hidup? Terjemahan Message bible menjelaskan secara unik dikatakan ” If we’ve left the country where sin is sovereign, how can we still live in our old house there?” kalau kita sudah pergi dari  negara dimana dosa berdaulat dan pindah ke tempat lain apakah mungkin kita masih bisa tinggal di rumah lama kita dulu? So pasti tidak, kecuali kalau kita sendiri yang mau datang lagi kesana.

APPLICATION
Kehidupan kita yang lama di hadapan Kristus sudah mati dan dikuburkan, oleh karena itu, berpalinglah dari dosa dan ikutlah Sang Juruselamat.

PRAYER
Roma 6:11  Demikianlah hendaknya kamu memandangnya: bahwa kamu telah mati bagi dosa, tetapi kamu hidup bagi Allah dalam Kristus Yesus.

Berdoa menyerahkan seluruh kehidupan kita  sebagai persembahan yang hidup dan berkenan kepada Tuhan. Kita mati bagi dosa kita tetapi hidup bagi Allah Dalam Kristus Yesus.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s