Devotion

Do Not Doubt !!! But Believe !!!

image

SCRIPTURE
1 Samuel 23:4 BIS
Sebab itu sekali lagi Daud meminta petunjuk dari TUHAN, dan TUHAN menjawab, ” Jangan khawatir. Seranglah kota Kehila, karena tentara Filistin itu akan Kuserahkan kepadamu. ”

1 Samuel 23:4 NIV
Once again David inquired of the LORD, and the LORD answered him, “Go down to Keilah, for I am going to give the Philistines into your hand. ”

1 Samuel 23:4 MSG 
So David went back to GOD in prayer. GOD said, “Get going. Head for Keilah. I’m placing the Philistines in your hands. ”

OBSERVATION
Sebab sekali lagi menunjukkan bahwa ini bukanlah yang pertama kalinya daud menanyai Tuhan tentang hal ini. Lalu apa yang membuat daud menanyakan ulang sesuatu yang sebenarnya dia sudah daaptkan jawabannya?

Kalau kita melihat di ayat sebelumnya ternyata ada alasan yang sangat logis mengapa daud bisa sampai ragu akan Firman Tuhan. Kenyataan dari kondisi di lapangan yang dikatakan di ayat ke 3: Tetapi anak buah Daud berkata kepadanya, ” Sedangkan di sini, di Yehuda, kita sudah sangat ketakutan; apalagi kalau kita harus pergi menyerang tentara Filistin di Kehila. ” 1 Sam 23:3 BIS

Sangat masuk akal sekali dan kelihatan sangat bijaksana apa yang dikatakan oleh anak buah daud. Satu sisi mereka dalam posisi ketakutan, sementara sisi lain daud mau menyelamatkan kota kehila yg sedang diserbu oleh org filistin. Secara logika tidaklah mungkin memenangkan pertempuran dengan pasukan yang bermental ketakutan. Pasukan yang tidak  bersemangat untuk berperang akan sangat mudah untuk dikalahkan.

Alasan yang masuk akal dan kenyataan lapangan inilah yang membuat daud ragu dan kembali bertanya hal yang sama kepada Tuhan untuk ke 2 kalinya. Tetapi lagi-lagi kebijaksanaan, hikmat kita sebagai manusia sangatlah terbatas. Masalah, Kenyataan lapangan, alasan yg sangat logis bisa saja menggoyahkan iman kita, tetapi itu sekali-kali tidak dapat menggoyahkan janjiNya pada kita. Keraguan membuat kita kehilangan janji Tuhan. Guys Tuhan menjanjikan kemenangan yang sama yang diraih daud kepada kita pagi ini.

APPLICATION
Apakah ada pergumulan, masalah, kenyataan yg sekarang ini kita hadapi dan  membuat kita mulai ragu dan mempertanyakan kembali janji dan  penyertaan Tuhan?

Jadi teringat ayat ini.
Habakuk 3:17-19 
Sekalipun pohon ara tidak berbunga, pohon anggur tidak berbuah, hasil pohon zaitun mengecewakan, sekalipun ladang-ladang tidak menghasilkan bahan makanan, kambing domba terhalau dari kurungan, dan tidak ada lembu sapi dalam kandang,
namun aku akan bersorak-sorak di dalam TUHAN, beria-ria di dalam Allah yang menyelamatkan aku.
ALLAH Tuhanku itu kekuatanku: Ia membuat kakiku seperti kaki rusa, Ia membiarkan aku berjejak di bukit-bukitku.

Apapun yang sedang kamu hadapi, seberapa berat pun, bahkan ketika anda berada dalam posisi kamu tidak lagi punya alasan yang kuat untuk berjuang, tidak ada orang yang yang mendukungmu. Sekalipun semua fakta berlawanan dengan janji Tuhan. Jangan pernah ragu. Jangan khawatir. Jangan andalkan hikmatmu, jangan andalkan orang lain,  bergantunglah padaNya, Jangan ragukan janji dan penyertaanNya.

Apakah anda pernah meminta petunjuk/tanda peneguhan yang berkali-kali dalam hidupmu tentang satu hal yang Tuhan minta untuk kita lakukan? Karena merasa ragu kita akhirnya meminta beberapa kali tanda lagi selain tanda yang sudah diberikan agar kita menjadi benar-benr yakin untuk melakukannya. Ayo stop jangan minta tanda melulu ayo bergerak sekarang. Lakukan sesuatu dengan apa yang Tuhan minta.

Mari belajar dari daud, saat keraguan/kekhawatiran menyerang kita hadapilah dengan datang berdoa padaNya. Tanyalah padaNya dan lakukan apapun yang diperintahkanNya. Raihlah kemenangan demi kemenangan bersama Dia.

PRAYER
Tuhan aku mau membuang segala keraguan, segala kekhawatiranku, segala pertanyaanku yang melemahkan iman. Aku mau melihat dengan kaca mata iman dan bukan kaca mata realita. Aku mempercayakan diriku kepadaMu. Dalam nama Yesus. Amin

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s