Facing your Giant!

image

SCRIPTURE
1 Samuel 17:48 
Ketika orang Filistin itu bergerak maju untuk menemui Daud, maka segeralah Daud berlari ke barisan musuh untuk menemui orang Filistin itu;

1 Samuel 17:48  BIS
Goliat mulai maju mendekati Daud, lalu dengan cepat Daud berlari ke arah barisan orang Filistin untuk menghadapi dia.

OBSERVATION
Kaaau kita baca awal ceritanya saat daud diminta oleh bapaknya untuk mengantarkan rotib kepada abang-abangnya di medan peperangan. Lalu mendengar ejekan dan tantangan dari goliat kepada seluruh barisan tentara israel. 1 Samuel 17:23-24  Tetapi ketika ia sedang berbicara dengan mereka, Goliat maju ke depan dan menantang orang Israel, seperti yang biasa dilakukannya. Daud pun mendengar kata-kata tantangannya itu. Segera setelah orang Israel melihat Goliat, mereka lari ketakutan.

Siapa yang mendengar ejekan dan tantangan itu? Seluruh bala tentara israel termasuk raja saul pun ikut mendengar hal ini. Namun apa respon mereka atas tantangan ini? Mereka lari ketakutan. Melihat musuh yang tingginya 6 hasta sejengkal (± 3 meter). Tetapi respons daud jauh berbeda, dia malah menerima tantangan itu. Dan keluar sebagai pemenang.

“Siapa yg bersedia maju ke depan utk mencoba?” Adalah pertanyaan yg seringkali kita dengar di sekolah, kampus. Guru/dosen/mentor biasanya mencari sukarelawan yang mau mencoba hal baru yang telah mereka ajarkan. Anehny gak smua orang antusias unyuk mencobanya. Kenapa? Sering kali kita tidak mau mencoba bukan karena tidak mampu tetapi sering kali hanya karena takut salah, malu dilihat orang, males, dll.

Apakah kita juga termasuk seperti ini? Yang tidak berani mencoba? Sadari kalau tidak ada satu hal pun di dunia ini yang terbebas dari namanya resiko. Semua orang beresiko untuk gagal. Tetapi jangan sampai karena ini kita tidak pernah mau mencoba apa pun. Saat murid2 melihat Yesus berjalan di atas air, yang lain merespons takut, hanya petrus yang berinisiatif untuk meminta ” Tuhan, apabila Engkau itu, suruhlah aku datang kepada- Mu berjalan di atas air. ”  – Matius 14:28. Alhasil hanya petruslah yang pernah merasakan serunya berjalan di atas air. Ketika dia hampir tenggelam (gagal) Tangan Tuhan segera meraih dan menyelamatkannya. Tuhan menghargai antusiasme Petrus. Hanya orang yang berani merespons maslah dengan cara yang berbeda yang akan melihat mujizat.

APPLICATION
Jangan takut untuk mencoba, krn Tuhan sanggup menyempurnakan kekurangan kt. Terhadap masalah, Kita sebagai orang yang sudah percaya harus merespons dengan cara yang berbeda. Masalah ada untuk dihadapi dan diselesaikan bukan lari dari masalah. Ayo hadapi raksasa masalahmu. Jangan lewatkan kesempatan utk mencoba melakukan hal-hal besar yang bisa membuat kita lebih maju ! Selama kt melakukan hal yg benar, percayalah Tuhan akan memampukan kt utk melakukannya.

PRAYER
Tuhan aku berani karena Engkau ada di pihakku. Kalau Engkau ada bersamaku siapakah lawanku. Dengan Engkau disisiku akan ku lakukan perkara-perkara besar di generasi ini untuk kemuliaanMu. Dalam nama Yesus Amin.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s