Chosen to be a Holy People

image

Yohanes 17:17 
Kuduskanlah mereka dalam kebenaran; firman-Mu adalah kebenaran.

Yohanes 17:17 BIS
Jadikanlah mereka milik khusus Bapa melalui kebenaran; perkataan Bapa itulah kebenaran.

John 17:17  NIV
Sanctify them by the truth; your word is truth.

John 17:17  AMP
Sanctify them [purify, consecrate, separate them for Yourself, make them holy] by the Truth; Your Word is Truth.

John 17:17  MSG
Make them holy–consecrated–with the truth; Your word is consecrating truth.

OBSERVATION
Kudus itu apa? Apakah sama dengan suci? Apakah artinya tidak mengucapkan kata-kata kotor? Tidak nonton film porno? Tidak berzinah? Tidak berpikir kotor? Ya memang semua itu adalah hal-hal yang dapat membuat kita kudua. Namun Kudus mengandung arti lebih dari cuma sekedar tidak melakukan hal di atas.

Arti kata kudus berasal dari kata “Qadosy(kadosh)” yang artinya “dikhususkan/dipisahkan“. Jadi hidup kudus di hadapan Tuhan artinya hidup yang dikhususkan/dipisahkan dari hal-hal duniawi untuk dapat dipakai Tuhan. Sedangkan suci “nikayon” artinya tanpa cela, tidak salah.

Sebagai orang percaya guys, kita terpanggil untuk menjadi generasi yang kudus di hadapanNya. 1 Peter 2:9 MSG  But you are the ones chosen by God, chosen for the high calling of priestly work, chosen to be a holy people, God’s instruments to do his work and speak out for him, to tell others of the night-and-day difference he made for you– kitalah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri. Kitalah instrumen yang dipakai Allah untuk menyatakan perbuatan-perbuatan dan perbedaan yang Dia buat dalam hidup kita.

Kita adalah orang yang terpanggil dan terpilih secara istimewa olehNya. Sebuah Masterpiece/mahakarya selalu diletakkan di tempat yang khusus di dalam sebuah museum seni. Sebuah mahakarya tidak pernah ditaruh di tempat yang sembarangan. Dan biasanya malah mahakarya ini akan dibingkai khusus, dikasi pengamanan tingkat tinggi untuk menghindari kerusakan, pencurian dan lain-lain

APPLICATION
Hidup kudus itu memang tidaklah semudah mengucapkannya, Dan iblis serta keinginan daging kita selalu mencari cara agar selalu mengelabui kita. Iblis selalu berusaha mencuri, mmmbunuh dan membinasakan. So bagaimana caranya untuk Hidup kudus? 

Pertama, ingat ini adalah kehendak Tuhan utk kt hidup Kudus. “..Kuduslah kamu, sebab Aku kudus.”  – 1 Petrus 1:16. So pastinya tidak dengab kekuatan kita sendiri.

Kedua, ingat tanpa kekudusan kita tidak bisa menghampiri Tuhan. “…kejarlah kekudusan, sebab tanpa kekudusan tdk seorangpun akn melihat Tuhan. – Ibr 12:14.

Tidak ada seorangpun yang suci alias tidak pernah bersalah, karena itulah kita dipanggil untuk hidup dalam kekudusan (1 pet 2:9) dan bukan suci. Kedua, Firman Tuhan jelas mengatakan yang bisa menguduskan kita adalah kebenaran (FirTu),  Maz 119:9 menjelaskan ” Dengan apakah seorang muda mempertahankan kelakuannya bersih? Dengan menjaganya sesuai dengab firman- Mu.”

Tidak ada jalan lain untuk hidup kudus selain hidup yang dijaga dan dijalankan sesuai Firman Tuhan. So guys gals, bukan cuma sekedar dibaca, direnungkan tapi hidupilah Firman yang kita baca dengan melakukannya maka kita akan hidup di dalam kekudusan. Kalau anda bukan org sembarangan (tetapi masterpiecenya Tuhan), janganlah sembarangan dengan hidupmu tetapi khususkanlah hidupmu untuk Dia.

PRAYER
Tuhan kuduskan aku dalam kebenaran, FirmanMu adalah kebenaran. -Yoh 17:17. Dalam nama Yesus Amin.

Posted from WordPress for Android

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s