Devotion

As to the Lord and not to men

image

SCRIPTURE
Efesus 6:5-7   Hai hamba-hamba, taatilah tuanmu yang di dunia dengan takut dan gentar, dan dengan tulus hati, sama seperti kamu taat kepada Kristus,
jangan hanya di hadapan mereka saja untuk menyenangkan hati orang, tetapi sebagai hamba-hamba Kristus yang dengan segenap hati melakukan kehendak Allah,
dan yang dengan rela menjalankan pelayanannya seperti orang-orang yang melayani Tuhan dan bukan manusia.

Ephesians 6:5-7  MSG
Servants, respectfully obey your earthly masters but always with an eye to obeying the real master, Christ.
Don’t just do what you have to do to get by, but work heartily, as Christ’s servants doing what God wants you to do.
And work with a smile on your face, always keeping in mind that no matter who happens to be giving the orders, you’re really serving God.

OBSERVATION
Kalau kita mau jujur dimanakah kita paling banyak menghabiskan waktu kehidupan kita? Bagi anak sekolah, mungkin waktu belajar di sekolahlah yang paling banyak jatah waktunya. Kuliahan bagi anak kuliah, dan market place bagi yang sudah bekerja.

Coba bandingkan berapa banyak waktu yang setiap minggu kita habiskan di tempat-tempat itu jika dibandingkan dengan tempat ibadah. Setidaknya 40-50 jam setiap mggu kita habiskan di sekolah/kuliah/market place  belun lagi termasuk lembur, kegiatan ekskul.Lalu kita juga sering tergoda untuk membagi sekolah, kuliah, kerjaan sebagai hal duniawi dan ke gereja, pelayanan, kesan, doa adalah hal-hal rohani. Apakah Alkitab mengatakan demikian?

Tentu saja tidak, dalam kolose 3:23 di katakan apapun juga yang kita perbuat, bukan cuma sebagian, tetapi semuanya. Sekolah, kuliahan, dan tempat kerja seharusnya merupakan tempat kita melayani Tuhan, tempat kita ibadah, tempat kita menaruh diri kita sebagai garam dan  terang dunia. Ibadah, sekolah, kuliah, kerja adalah hal-hal yang tidak dapat dipisahkan. Sekolah, kuliah, dan kerja adalah ibadah kt. Jadi kalau ada orang yang rajin ke gereja dan kegiatan gereja, tetapi bermalas-malasan di skul, kul dan kerjaan, maka sebenarnya ia tidak beribadah dengan baik.

Romans 12:1  So here’s what I want you to do, God helping you: Take your everyday, ordinary life–your sleeping, eating, going-to-work, and walking-around life–and place it before God as an offering. Embracing what God does for you is the best thing you can do for him.

APPLICATION
Seharusnya sesuai ayat diatas kita  hendaknya:
1. Skul, kul, kerja dengan kesadaran bahwa kita harus mempertanggung jawbkannya kepada Tuhan
2. Menjadikan skul, kul, dan kerja sebagai bagian dari ibadah kita kepada Tuhan. Skul, kul, kerjaan akan menjadi pelayanan ketika kita menempatkan Yesus memimpin kita, kita mendengar suaraNya, dan menerapkannya dalam hidup kt. So jgn bukan cuma sekolah dan kuliah cuma untuk dapat nilai dan IP tinggi, atau kerja cuma untuk cari uang saja. Tetapi lakukanlah itu semua untuk meninggikan dan memuliakan Tuhan.

PRAYER
Mari serahkan pada Tuhan semua hla yang kita lakukan baik itu di rumah, sekolah, kampus, kantor atau market place dan lakukanlah dengan segenap hayimu seperti untuk Tuhan dan bukan manusia.

Posted from WordPress for Android

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s