Devotion

Experience God

image

SCRIPTURE
Dan ketika Yesus sedang berjalan menyusur danau Galilea, Ia melihat dua orang bersaudara, yaitu Simon yang disebut Petrus, dan Andreas, saudaranya. Mereka sedang menebarkan jala di danau, sebab mereka penjala ikan.
Yesus berkata kepada mereka: “Mari, ikutlah Aku, dan kamu akan Kujadikan penjala manusia.”
Lalu mereka pun segera meninggalkan jalanya dan mengikuti Dia.

Mat 4:19-20; Mark 1:17-18

OBSERVATION
Ada hal yang menjadi pertanyaan menarik bagi saya ketika membaca kisah ini di 2 kitab yang berbeda ini. Mengpa simon dan andreas bisa langsung mau menerima ajakan Yesus untuk dijadikan pnjala manusia? Padahal kan mereka baru saja bertemu. Bukankah juga dalam keseharian kita, untuk membawa orang untuk kenal Tuhan bukanlah perkara mudah.

Kita bisa saja frustasi mengajak orang ke gereja/kesan, karena mereka biasanya akan  menolak dengan berbagai alasan yang sangat kreatif dan kalau pun mereka meng’iya’kan itu karena tidak mau di followup terus-terusan, dan biasanya keputusan mereka akan berubah di last minute. Lalu sebenarnya apa yang Yesus lakukan sehingga 2 orang ini akhinya mau  meninggalkan pekerjaannya yang lama dan  kemudian mengikuti Dia.

Tuhan mengajari saya ternyata di lukas 51-11 disana ada 1 kejadian yang tidak  tercatat di 2 kitab lain yg akhirnya membuat saya mengerti mengapa 2 orang ini mau meninggalkan smuanya dan mengikut Tuhan. Mereka mengalami Tuhan dahulu sebelum panggilan itu datang pada mereka, mereka mengalami perubahan dalam hidup mereka setidaknya ada beberapa perubahan yang terjadi.
1. Dari nelayan yang gagal menangkap ikan –> nelayan yang sukses menangkap ikan dalam jumlah yang besar.
2. Jala yang semula kosong –> jala yang hampir koyak.

Dikatakan di Luk 5:8 ketika simon melihat hal itu ia tersungkur di depan Yesus dan brkata “Tuhan, pergilah dari padaku, karena aku ini seorang berdosa” Penglaman mereka bersama Tuhan mmbuat mereka menyadari 2 hal.
1.Siapa Yesus, dan
2 Kondisi mereka sbagai orang berdosa yang butuh Tuhan.

APPLICATION
Sering kita terlalu antusias mengajak orang yang belum percaya datang gereja, kesan tapi kita lupa mengenalkannya pada PribadiNya, dan membimbing mereka mengalamiNya sendiri. Karena itu akan menyadarkan mereka siapa Yesus dan siapa diri mereka. Jangan pernah mengajak orang hanya karena kejar setoran. Orang-orang yang pernah mengalami Tuhan secara pribadi tidak perlu kita ingatkan terus-terusan untuk datang ke gereja, kesan, doa, karena itu sudah pasti jadi kerinduan mereka sendiri untuk meninggalkan semuanya untuk datang kepadaNya. Ingat hanya ketika orang sudah mengecapNya maka mereka akan mengerti siapa Tuhan itu. (Taste n See) (Maz 34:8a)

PRAYER
Berdoa agar kita mendapat pengenalan akan Tuhan secara pribadi. (mengalami Tuhan secara Pribadi). Mau di level kerohanian seperti apapun anda saat ini milikilah kerinduan untuk mengenal PribadiNya lebih dalam. Filipi 3:10  Yang kukehendaki ialah mengenal Dia dan kuasa kebangkitan-Nya dan persekutuan dalam penderitaan-Nya, di mana aku menjadi serupa dengan Dia dalam kematian-Nya,

Posted from WordPress for Android

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s