Impactors Awake!!!

image

SCRIPTURE
Mazmur 127:4 
Seperti anak-anak panah di tangan pahlawan, demikianlah anak-anak pada masa muda.

Psalms 127:4  KJV
As arrows are in the hand of a mighty man; so are children of the youth.

OBSERVATION
Dalam sejarah Tuhan selalu memakai ORANG MUDA BAGI KEGERAKANNYA!!
Allah memanggil orang muda untuk melaksanakan pergerakan-Nya karena, secara umum, orang muda belum ditetapkan, ditempati atau diduduki. Terhadap orang tua, segala sesuatu umumnya sudah ditetapkan. Karena itu agak sulit bagi dia untuk memiliki perubahan di dalam.

Saat Dia memanggil seseorang berarti Dia memiliki sesuatu yang baru untuk dikerjakan. Dia memanggil seseorang karena Dia memiliki hasrat untuk mengalihkan zaman, untuk mengerjakan sesuatu yang baru dan revolusioner. Tetapi bukan berarti Dia tidak memakai dan mengasihi orang tua. Saya yakin ada panggilan yang spesifik pada masing-masing generasi ini untuk memuliakan Tuhan. Generasi yang lebih Tua bisa memberikan contoh, pattern, dan mengingatkan serta mengawasi kita yang muda yang cenderung meledak-ledak. Dan kita yang muda bisa melakukan apa yang mungkin tidak lagi bisa dilakukan oleh geneeasi yang tua misalkan dalam hal mobilitas gerak. Miss link diantara 2 generasi ini yang seringkali malah menghambat Pekerjaan Tuhan di dunia ini.

Tapi hari ini kita akan membahas tentang kecenderungan Tuhan memakai manusia sejak dari usia muda mereka mari kita lihat beberapa  contoh dalam Alkitab, sejarah gereja dan juga sejarah indonesia

Dalam Perjanjian Lama
1.  Abraham dipanggil ketika masih muda untuk keluar dari ur kasdim (Kis. 7:2).
2.  Allah telah mempersiapkan Musa sejak muda untuk membawa umat-Nya keluar dari perbudakan (Kis. 7:20-29).
3.  Samuel didapatkan oleh Allah sejak kanak-kanak (1 Sam. 2:18).
4.  Allah membangunkan Daud seorang yang berkenan di hati Allah (1 Sam. 13:14).
5.  Allah menetapkan Salomo untuk membangunkan bait Allah (2 Sam. 7:2, 13-14).
6.  Daniel dan ketiga temannya yang berdiri dipihak Allah dengan tidak mencemarkan diri mereka (Dan. 1:6-8).

Dalam Perjanjian Baru
1.  Murid-murid Tuhan Yesus (Mat. 4:21-22).
2.  Paulus yang asalnya Saulus (Gal. 1:15).
3.  Timotius anak iman Paulus (1 Tim. 1:2).

Melalui Sejarah Gereja

Tuhan membangkitkan Martin Luther, selama reformasinya membawa manusia keluar dari zaman kegelapan. Ini adalah suatu perpindahan zaman. Martin Luther masih muda saat dia dipanggil dan berhubungan dengan Tuhan. Zinzendorf adalah seorang muda saat dia ditangkap oleh Tuhan sama seperti John Nelson Darby, pemimpin dari perkumpulan persaudaraan. John Wesley, Charles Wesley, dan George Whitefield juga masih muda saat mereka dipanggil oleh Tuhan. Para misionaris yang yang dipakai oleh Tuhan di dalam sejarah gereja untuk menginjilisasi seluruh dunia, seperti Hudson Taylor, William Carey, dan David Livingstone, dipanggil Tuhan pada saat mereka masih muda.
   
Sejarah Generasi Muda Indonesia

Soekarno (Indonesia) berkata ” Berikan aku anak muda, maka akan kuubah bangsa ini” Sejarah membuktikan anak muda di Indonesia mengubah bangsa ini, 1908 (Boedi Utomo), 1928 (Soempah Pemoeda), 1945 (Kemerdekaan), 1966 (OrdeBaru) dan 1998 (Reformasi) ”  

Pramoedya Ananta Toer, salah seorang sastrawan besar Indonesia, mengatakan sejarah Indonesia adalah sejarah pemuda Indonesia, yang dimulai dengan Perhimpunan Indonesia di Belanda, Sumpah Pemuda, Revolusi Agustus 1945, hingga penggulingan diktator Soeharto. ? Hanya sayang mereka tidak melahirkan pemimpin,? kata Pram- jangan berhenti menggunakan pensil hanya untuk menggaruk punggung, gunakan untuk menulis. Jangan sia-siakan hidupmu, pakailah untuk menulis sejarah baru. Pelaku sejarah da Bukan korban sejarah. Janga puas belajar sejarah para pahlawan jaman dulu. Jangan puas melihat aksi pahlawan fiksi jaman sekarang. Berbuatlah sesuatu pada jamanmu, andalah pahlawannya. Pahlawan – pahlawan yang dalam sejarah- seorang / pribadi yang kita andalkan- pribadi yang memberi impact- menghadirkan kebebasan atas keterikatan, belenggu dosa- pahlawan dan pecundang mungkin sama-sama mendapatkan visi yang besar dari Tuhan, yang membedakan adalah cuma pahlawan yang berhasil mewujudkannya.

Selamat Hari Sumpah Pemuda Nasional !

APPLICATION
Memiliki deretan prestasi di usia muda merupakan hal yang membanggakan dan tentu menjadi idaman setiap orang. Sebenarnya hal tersebut bukanlah sesuatu yang tidak mungkin untuk kita raih, terutama bagi kita anak-anak Tuhan. Kenapa? Karena di dalam Alkitab disebutkan, bahwa banyak orang muda yang dipakai Tuhan untuk melakukan pekerjaan-Nya.

Di dalam hidup kita mengalir DNA super yang mampu menjadikan kita bibit unggul. Tapi bagaimana ya mengaktifkan DNA tersebut supaya kita menjadi hebat?

Jawabannya adalah gereja harus membangkitkan orang-orang muda yang memiliki integritas. Teladan dari Daniel yang dipakai Tuhan menjadi orang yang luar biasa sejak muda.

Ada empat hal yang menjadikan Daniel luar biasa, yaitu:
1. Daniel mempunyai excellent knowledge (Daniel 1:4).
2. Daniel mempunyai excellent value (Daniel 1:5-8).
3. Daniel mempunyai excellent spirit (Daniel 5:10-12).
4. Daniel mempunyai excellent relationship with God (Daniel 6:11-12).

Tuhan ingin supaya kita menjadi anak muda yang tidak biasa-biasa saja dan tidak ikut ke dalam arus dunia. Dia ingin agar kita menjadi Daniel-Daniel masa kini.

Kenapa kita dilahirkan di negeri Indonesia yang sedang terpuruk seperti ini? Kenapa kita tidak dilahirkan di negeri sudah maju dan berkembang?

Itu karena Allah Tuhan percaya bahwa kita, para pemuda, sanggup untuk mengubah Indonesia ini dari negara yang bangkit dari keterpurukan menjadi negara yang maju dan berkembang dan jauh lebih baik.

Tuhan saja sudah percaya, lalu tunggu apalagi? Mari tunjukkan dan kerahkan kemampuan kita untuk memajukan bangsa ini. Kita anak muda, kekuatan kita besar. Jangan sampai masa mudamu lewat tanpa ada sumbangsih bagi keluargamu, kampusmu, dunia kerjamu, da bangsamu. Selamat hari Sumpah Pemuda! Impactors Awake!!

PRAYER
Tuhan aku mau melakukan kehendakMu selagi aku muda di generasiku ini. Aku tidak mau menunggu sampai sudah lanjut usia. Tuhan aku memberikan diriku untuk Engkau pakai habis-habisan di area yang Kau percayakan kepadaku. Tuhan berikan aku keberanian. Tuhan aku minta setiap tempat yang dipijak oleh kakiku untuk kuberikan kepadaMu. Berikan aku hatiMu maka aku akan memberikan jiwa-jiwa bagiMu. Dalam nama Yesus. Amin.

Posted from WordPress for Android

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s