Unnamed Heroes

image

SCRIPTURE
Orang Aram pernah keluar bergerombolan dan membawa tertawan seorang anak perempuan dari negeri Israel. Ia menjadi pelayan pada isteri Naaman. Berkatalah gadis itu kepada nyonyanya: ” Sekiranya tuanku menghadap nabi yang di Samaria itu, maka tentulah nabi itu akan menyembuhkan dia dari penyakitnya. ” (2 Raja-raja 5:2-3)

2 Kings 5:2-3  NIV
Now bands from Aram had gone out and had taken captive a young girl from Israel, and she served Naaman’s wife.
She said to her mistress, “If only my master would see the prophet who is in Samaria! He would cure him of his leprosy. ”

OBSERVATION
Alkitab banyak mengisahkan beberapa orang yang tidak dipandang manusia bahkan namanya tidak tercatat di alkitab, namun uniknya Tuhan kerap kali memilih orang yang kecil dan kurang berarti untuk melaksanakan kehendakNya (1 Kor 1:27). Di balik mujizat penyembuhan Tuhan atas Naaman, panglima raja Aram ada jasa seorang gadis kecil yang tidak dikenal namanya yang memperkenalkan nabi Elisa kepadanya.

Dalam perjanjian baru kita juga dapat membaca kisah seorang lumpuh yang digotong oleh 4 orang yang juga tidak disebutkan namanya, namun dipakai Tuhan untuk melaksanakan kehendakNya (Markus 2:3).

Orang-orang yang ada di dalam alkitab yang tidak disebutkan namanya ini adalah orang-orang yang memegang peranan penting dalam setiap peristiwa besar yang Tuhan adakan. Memang namanya tidak pernah disebutkan tetapi apa yang mereka lakukan akan tetap disebutkan karena telah menuntun kita kedalam peristiwa-peristiwa besar yang Tuhan lakukan. Yang Tuhan perlukan bukanlah orang yang bersedia untuk melakukan perkara-perkara besar karena untuk itu semua orang pasti dengan senang hati bahkan berebut untuk melakukannya. Tetapi yang Dia perlukan adalah orang-orang yang bersedia melakukan hal-hal kecil yang mungkin kurang berarti baginya tetapi sangat berarti bagiNya. Setia memberi diri dalam melakukan hal-hal kecillah yang membuat kita bisa dimampukan dan dipercayakan hal-hal besar. (Matius 25:21;23)

APPLICATION
Guys gals, semua orang mulai dari yang paling sederhana dapat dipakai Tuhan untuk melakukan pekerjaan Tuhan. Tuhan tidak pernah meremehkan yang kecil dan kurang berarti, asalkan kita melayaniNya dengan hati tulus dan bersungguh hati. Yang dituntut dari kita adalah ketaatan dan kerendahan hati.

Ketaatan kita dapat menjadi sarana di tangan Tuhan untuk menggenapi kehendakNya. Ingat Tidak penting siapa yang bakal namanya disebut atau dielu-elukan, tidak penting siapa yang akan memperoleh penghargaan karena itu tidak penting, anak perempuan itu, dan ke 4 org itu juga tidak mendapat apa-apa bahkan nama mereka tidak tercantum di alkitab.

Kita seringkali lebih suka mengejar pelayanan yang dilihat banyak orang, yang nama kita bisa disebutkan dan dikenal, mencari popularitas dari pelayanan kita. Tetapi kemudian menghindari pekerjaan yang kecil yang tidak dilihat orang, yang kerjaannya sebenarnya lebih berat tetapi karena tidak membuat kita populer lalu kita menghindarinya. Guys kalau kita mau menjadi seorang yang terbesar Yesus mengajarkan untuk bersedia menjadi yang terkecil. Bersedia melakukan apa yang dihindari banyak orang dan bukannya berlomba-lomba mencari popularitas bagi nama kita sendiri.

Karena yang terpenting bukanlah apa yang terjadi pada kita, tetapi apa yang terjadi pada rencanaNya dalam hidup kita. Yang terpenting apapun yang Tuhan mau lakukan dengan hidup kita membuat Nama Tuhan semakin dimahsyurkan. Yang terpenting bukanlah kita yang dikenal melainkan Tuhan yang semakin dikenal dan dimuliakan. Semakin banyak orang boleh percaya dan menerima Keselamatan di dalam Yesus. Dia semakin besar dan kita semakin kecil. Apakah anda bersedia?

PRAYER
Berdoa menyerahkan hidup kita untuk dipakai oleh Tuhan dan minta hati yang tetap setia dalam melakukan hal-hal kecil yang mungkin kurang berarti namun di dalam Dia itu akan memimpin orang lain untuk bisa mengenal anugrah keselamatan lewat hidup kita.

Posted from WordPress for Android

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s