Devotion

An Extravagant Giver

image

SCRIPTURE
Sebab mereka semua memberi dari kelimpahannya, tetapi janda ini memberi dari kekurangannya, semua yang ada padanya, yaitu seluruh nafkahnya. ”  – Markus 12:44

Markus 12:44  BIMK
Sebab mereka semua memberi dari kelebihan hartanya. Tetapi janda itu sekalipun sangat miskin memberikan semua yang ada padanya–justru yang ia perlukan untuk hidup.”

Mark 12:44  NIV
They all gave out of their wealth; but she, out of her poverty, put in everything–all she had to live on. ”

Mark 12:44  MSG
All the others gave what they’ll never miss; she gave extravagantly what she couldn’t afford–she gave her all. ”

OBSERVATION
Janda ini memberi 2 peser berjunlah 1 duit yang merupakan mata uang yahudi terkecil saat itu. Meski kecil Yesus tahu betapa besar arti uang itu bagi janda itu makanya dikatakan seluruh nafkahnya. Orang kaya bisa memberi sebagian hartanya tanpa terganggu standar hidupnya. Namun janda ini mungkin tidak bisa makan seharian. Dia bisa saja punya opsi memberikan hanya 1 peser dan hidup dari sisa peser yang lain. Namun ia memberikan semuanya seluruh nafkahnya. Dia tidak memikirkan dirinya sendiri. Pemberian terbesar tidak dihitung dari berapa banyak yang diberi tetapi berapa banyak sisa yang masih dimiliki yang belum diberi. Orang kaya mungkin secara nominal memberi lebih banyak tetapi masih menyisahkan jauh lebih banyak dengan apa yang disimpan sementara janda ini tidak menyisakan apapun untuk dirinya sendiri.

Belum lagi kalau kita lihat di ayat sebelumnya Yesus mengajar tentang hukum yang terutama yaitu mengasihi Tuhan dengan totalitas hidup (Mark 12:29-30) lalu sekarang mereka diajak melihat orang yang mempraktekkan hal ini secara nyata. Kita bisa saja dengan mudah memberi waktu, tenaga, pikiran, uang untuk kegiatan-kegiatan berlabel rohani selama itu tidak menggangu kehidupan pribadi kita. Tanpa sadar kita sering membagi ruang hidup kita “yang sekuler” dan “yang rohani”, “yang milik kita”, dan “yang milik Tuhan”. Tuhan ingin kita mengasihiNya dengan totalitas hidup kita dan bukan setengah-setengah apalagi ogah-ogahan. Memberi bukan yang sisa tetapi keseluruhan hidup.

APPLICATION
So pagi ini mari apapun yang mau kita lakukan itu lakukanlah dengan penuh totalitas. Jangan buat double standart dalam hidup kita ada yang sekuler ada yang rohani ada yang milikku dan ada yang milikNya. Karena semua apapun yang ada di dalam hidup kita ini adalah milikNya. Semua aspek dalam hidup kita adalah persembahan kita bagiNya.

Beri waktu yang terbaik ketika saat teduh jangan memberi waktu sisamu. Cari WajahNya seawal mungkin sebelum engkau memulai aktifitasmu. Serahkan seleruh aspek dalam hidupmu sebagai persembahan yang hidup, kudus dan berkenan kepada Tuhan.

PRAYER
Tuhan aku mau belajar memberi yang terbaik bukan dari apa yang lebih saja tetapi juga bahkan dari kekurangan. Memberikan seluruh hidupku kelebihan dan kekuranganku Engkau pakai semuanya untuk kemuliaanMu. Dalam nama Yesus Amin.

Posted from WordPress for Android

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s