Devotion

Depend on God

image

SCRIPTURE
“Ketika orang Filistin menyerbu sekali lagi di lembah itu, maka bertanyalah lagi Daud kepada Allah, lalu Allah menjawab: “Janganlah maju di belakang mereka, tetapi buatlah gerakan lingkaran terhadap mereka, sehingga engkau dapat menyerang mereka dari jurusan pohon-pohon kertau….Dan Daud berbuat seperti yang diperintahkan Allah kepadanya, maka mereka memukul kalah tentara orang Filistin, mulai dari Gibeon sampai Gezer.” (1 Tawarikh 14:13-16).

OBSERVATION
Meski mempunyai pengalaman kemenangan dalam menghadapi musuh yang sama (filistin), di tempat yang sama (lembah refaim), serta mengetahui penyertaan Tuhan yang luar biasa dalam hidupnya tidak serta merta membuat daud sombong, merasa bisa sndiri, mengandalkan hikmatnya sndiri dan tidak bertanya lagi kepada Tuhan apa yang harus dilakukannya.

Dia tidak membiarkan pengalaman kemenangannya di masa lalu mendikte dia untuk tdk lagi berpegang dan bergantung sepenuhnya pada Tuhan. Daud juga tidak mengandalkan pasukannya, dia bertanya kepada Tuhan dan bukan panglimanya yang hebat.  Ayat ini juga mengajarkan kita bahwa Tuhan tidak selalu menggunakan cara yang sama untuk menaklukkan masalah yang sama.

Peperangan yang pertama Tuhan berkata majulah (ay 10), sedangkan kali kedua Tuhan berkata janganlah maju (ay 13). Tetapi ending dari kedua-duanya sama yaitu sebuah kemenangan yang mendatangkan kkmuliaan bagi Tuhan.

APPLICATION
So, dalam menghadapi masalah apapun, meski itu persoalan yang sama…jangan andalkan hikmatmu, jangan andalkan pengalaman kemenangan di masa lalu, jangan juga andalkan manusia, dan pengalaman org lain, tetapi tetap andalkan Tuhan dan selalu bertanyalah dahulu  kepada Tuhan. Karena Dia adalah Allah yang sangat kreatif yang tidak selalu menggunakan cara yang sama dalam menyelesaikan sesuatu.

Mari belajar berdoa bertanya kepada Tuhan dahulu sebelum memutuskan ketika kita menghadapi apapun, meskipun kita sudah berpengalaman menghadapi persoalan yang sama. Ketika anda menghadapi apapun tanyalah what would Jesus do? Berdoa dan renungkan FirmanNya apakah yang Dia lakukan jika Dia berada di posisi kita?

PRAYER
Psalms 62:7 NIV
My salvation and my honor depend on God; he is my mighty rock, my refuge.

Posted from WordPress for Android

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s