Devotion

A Faithful Man

image

SCRIPTURE
“Banyak orang menyebut diri baik hati, tetapi orang yang setia, siapakah menemukannya?” (Amsal 20:6).

Proverbs 20:6  NIV
Many a man claims to have unfailing love, but a faithful man who can find?

Proverbs 20:6  MSG
Lots of people claim to be loyal and loving, but where on earth can you find one?

OBSERVATION
Kesetiaan yang merupakan salah satu buah-buah Roh (Gal 5:22) saat ini perlahan menjadi sesuatu yang langka. Ada banyak hal, dan kesempatan di dunia ini yang bisa menjadi berhala dalam hidup kita yang membuat kita kehilangan kesetiaan kita kepada Tuhan. Kita mudah bosan, tidak menyelesaikan sampai akhir apa yang baru saja kita mulai, tidak setia akan apa yang sudah kita komitmenkan.

Kita bisa melihat banyak hal yang menegaskan bahwa nilai kesetiaan di dunia ini telah sulit untuk dicari. Coba saja lihat kita sudah biasa melihat karyawan ahli dari satu perusahaan akan begitu mudahnya menyeberang ke perusahaan rival yang menawarkan  salary dan fasilitas yang lebih menggoda. Kita bisa melihat bagaimana tingkat perceraian setiap tahun semakin tinggi. Bahkan yang paling miris kita bisa melihat perpindahan pekerja gereja ke gereja lain hanya karena gereja lain lebih baik dalam hal tampilan luar, hanya karena fasilitas dan love giftnya lebih besar.

Pernahkah anda mendengar seseorang yang berkata dulu ya saya itu melakukan ini dan itu, dulu saya membayar harga seperti ini dan itu, dulu, dulu dan dulu. Pertanyaannya adalah apakah sampai sekarang dia tetap setia melakukannya? Jika tidak ada kesetiaan yang berkesinambungan, suatu kegerakan, suatu perubahan, hanya akan menjadi sekadar sebuah monumen dan bukan movement.

Kesetiaan kita juga biasanya akan diuji oleh waktu dan pergumulan. Ada orang yang bisa tetap setia di saat dia ada di atas tetapi ketika semua keadaan tidak lagi seperti yang dia harapkan maka respons apa yang bisa dia berikan di masa itu adalah bentuk kesetiaan yang sebenarnya yang dia miliki.

Bentuk kasih tertinggi (Unfailing Love) dibuktikan dengan adanya kesetiaan. Sama seperti pasangan suami istri yang menunjukkan kasih tertinggi mereka dengan tetap setia sampai maut memisahkan mereka. Adanya komitmen sampai mati. Itulah bentuk Kasih yang dimiliki Yesus. Dia mengasihi kita dengan tetap setia sampai mati untuk menebus kita.

APPLICATION
Pertama, miliki karakter (Buah-buah Roh) setia, dan jangan heran ketika anda memilikinya anda akan dicari-cari karena karakter yang anda miliki.

Kedua, Kebenaran yang luar biasa adalah Ketidaksetiaan kita tidak mempengaruhi sedikitpun akan kesetiaan Tuhan dalam hidup kita. Dalam 2 tim 2:13 dikatakan ” jika kita tidak setia, Dia tetap setia karena Dia tidak dapat menyangkal diriNya.”

Meski demikian ingatlah tetap setia. Kristus adalah contoh sempurna dari sebuah kesetiaan, kesetiaan yang Dia lakukan di kayu salib menyelamatkan kita. Setialah sampai mati. Setia sampai mati adalah bentuk komitmen tertinggi yang bisa kita berikan. Untuk kesetiaan dibutuhkan sikap hati untuk tetap taat bahkan taat sampai mati. Seperti yang Yesus meiliki

PRAYER
Berdoa agar salah satu Buah Roh / Karakter Tuhan yaitu kesetiaan itu ada dalam hidup kita. Hati yang tetap taat dan setia dengan komitmen kita kepada Tuhan, keluarga, gereja kita.

Posted from WordPress for Android

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s