The World Of The Generous

image

SCRIPTURE
Amsal 11:24
Ada yang menyebar harta, tetapi bertambah kaya, ada yang menghemat secara luar biasa, namun selalu berkekurangan.

Amsal 11:24 BIMK
Ada orang suka memberi, tapi bertambah kaya, ada yang suka menghemat, tapi bertambah miskin papa.

Proverbs 11:24  MSG
The world of the generous gets larger and larger; the world of the stingy gets smaller and smaller.

OBSERVATION
Konsep dunia hemat pangkal kaya. Firman Tuhan mengajarkan memberi pangkal kaya. Ada banyak orang yang mempergunakan hartanya hanya untuk dirinya sendiri hasilnya orang ini semakin hidup kekurangan. Alkitab mengajarkan ‘Berilah maka kamu akan diberi.’

Pertama, kita memberi untuk Tuhan, apakah Tuhan butuh uang? Tentu saja tidak.Pekerjaan Tuhan yang membutuhkan uang.

Yang kedua, memberi kepada sesama yang memerlukan uluran tangan kita. Memberi adalah memberikan kesempatan kepada diri kita sendiri untuk menerima berkat Tuhan.

Saya sangat kagum akan terjemahan Message bible yang berkata “The world of the generous gets larger and larger; the world of the stingy gets smaller and smaller.” dunia orang yang murah hati akan semakin besar tetapi dunianya orang yang kikir akan semakin kecil.

Orang yang kikir biasanya adalah orang yang sangat egois dan tidak peduli dengan orang lain dunianya hanya i, me, and mine. Semua seputar dirinya saja. Melainkan orang yang murah hati yang suka memberi dunianya akan semakin besar karena ketika dia memberi kepada orang lain maka dunia atau kehidupan orang teraebut pun akan segera menjadi bagian dari dunia atau kehidupannya. Hidupnya tidak seputar dirinya saja tetapi menyadari dia diberkati untuk menjadi berkat bagi yang tidak mampu atau yang memerlukan.

Jangan tunggu sampai memiliki banyak dulu jangan tunggu sampai kaya dulu baru mau. Love is giving and not receiving. Kasih selalu identik dengan memberi dan bukan menerima setiap kali kita mrmberi setiap kali itu juga kita belajar serupa dan segambar dengan Tuhan karena Allah adalah kasih.

Kisah Para Rasul 20:35  Dalam segala sesuatu telah kuberikan contoh kepada kamu, bahwa dengan bekerja demikian kita harus membantu orang-orang yang lemah dan harus mengingat perkataan Tuhan Yesus, sebab Ia sendiri telah mengatakan: Adalah lebih berbahagia memberi dari pada menerima.

APPLICATION
Memberi memang tidaklah serta merta melulu soal uang saja, melainkan juga bisa waktu, perhatian, ide, pengampunan dan lain-lain. Namun hal yang paling basic yang bisa kita beri adalah uang.

Coba lihat lihat liat pengeluaran kita selama sebulan. Untuk apa-apa sajakah pengeluaran kita selama sebulan. Banyak berkutat di kebutuhan kita sajakah? Berapa persen yang kita habiskan untuk kebutuhan dan keinginan kita?

Ayo coba adopsi satu orang anak yang tidak mampu untuk sekolah untuk kita biayai. Hidup kita, kehidupan kita pastinya tidak akan sesempit i, me dan mine lagi. Kehidupan anak itu juga bakal menjadi kehidupan kita.

PRAYER
Beri aku hati yang mau memberi ya Tuhan yang mau membagi apa yang telah Engkau beri kepadaku untuk memberkati orang lain. Jadikan aku saluran berkatMu untuk orang lain. Berkati aku supaya aku bisa memberkati orang lain. Dan ajarku memberkati orang lain dengan apa yang ada padaku saat ini. Dalam Nama Yesus. Amin.

Posted from WordPress for Android

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s