Don’t Secretly Hate Your Neighbor

image

SCRIPTURE
Imamat 19:17
“Janganlah engkau membenci saudaramu di dalam hatimu, tetapi engkau harus berterus terang menegor orang sesamamu dan janganlah engkau mendatangkan dosa kepada dirimu karena dia.”

Imamat 19:17  BIMK
Jangan dendam terhadap siapa pun. Bereskanlah perselisihanmu dengan siapa saja, supaya kamu tidak berdosa karena orang lain.

Leviticus 19:17  MSG
Don’t secretly hate your neighbor. If you have something against him, get it out into the open; otherwise you are an accomplice in his guilt.

OBSERVATION
Tidak ada orang yang sempurna memang di dunia ini. Apa pun jabatan atau posisi orang itu di mata masyarakat bukan berarti dia sangatlah “malaikat” yang tidak bisa merasakan sakit hati, marah, atau kesal. Bahkan, Allah sangat tahu kapasitas kemampuan kesabaran hati kita. Oleh karenanya,Tuhan mencurahkan Roh Kudus untuk memberi kita kekuatan, penghiburan dan menjaga hati kita tetap bersih di hadapan-Nya.

APPLICATION
#1. Lepaskan Pengampunan
Apakah saat ini ada orang-orang yang mengesalkan atau membuat marah diri kita dan masih kita simpan di dalam hati? Di dalam kasih, kita harus segera bereskan itu sekarang juga. Bukalah hati kita kepada Roh Kudus dan minta Tuhan memberikan kita kekuatan untuk mengampuni orang yang menyakiti hati kita. Pandang kebaikan Allah yang rela memberikan nyawa anakNya Yesus Kristus bagi manusia yang sebenarnya tidak pantas untuk diampuni.
Ketika kita mengambil keputusan untuk memaafkan & tidak mengingat segala kesalahan orang yang telah menyakiti hati kita, maka kita akan menjalani hidup ini tanpa beban. Satu lagi, berkat di Surga yang telah tersedia akan mengalir tanpa henti sepanjang kita masih bernafas di dunia ini.

Melepaskan pengampunan adalah sebuah keputusan yang sulit, tetapi itu adalah cara terbaik untuk hidup dalam kebebasan. Mengampuni tidak akan mengubah apa yang telah terjadi, tidak akan mengubah masa lalu kita. Tetapi mengampuni akan mengubah masa depan yang akan kita raih. Tetap menyimpan kepahitan adalah tindakan yang bodoh yang hanya merugikan diri sendiri. Itu seperti sendiri meminum racun dan mengharapkan orang lain mati keracunan.

#2. Menegor secara terang-terangan
Daripada menyimpan kesalahan orang lain, atau malah membicarakan kesalahan orang lain dan menjadikannya gosip, hal selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah terang-terangan menegor dia empat mata. Diam saja artinya kita juga ikut ambil bagian dan setuju dengan kesalahannya. Kalau orang tersebut tidak mau mendengar dia akan menanggung akibatnya sendiri dan kita terbebas dari tuntutan. (Yehezkiel 3:20-21)

#3. Introspeksi Diri
Jadi teringat akan Firman Tuhan yang berkata “Mengapakah engkau melihat selumbar di dalam mata saudaramu, sedangkan balok di dalam matamu sendiri tidak engkau ketahui ?(Lukas 6:41)

Yesus tidak bermaksud mengabaikan tindakan yang salah, melainkan jangan sampai kita mencemaskan dosa-dosa orang lain, sampai-sampai kita tidak dapat melihat dosa-dosa kita sendiri. Kita seringkali merasionalkan dosa-dosa kita dengan menunjuk kesalahan-kesalahan yang sama yang telah orang lain lakukan. Jenis-jenis selumbar pada mata siapakah yang paling mudah untuk Anda kritik ? Mungkin dalam perkara itu ada bagian kita juga yang salah. Jangan sampai membuat kita menjadi tidak dapat melihat kesalahan kita dan hanya membenarkan diri sendiri saja.

PRAYER
Mari kalau ada orang yang menyakiti, mengecewakan anda mungkin memahitkan hati anda. Lepaskanlah pengampunan dalam doamu. Minta kekuatan dari Tuhan untuk bisa mengampuni orang itu. Ingatlah anda telah menerima pengampunan dariNya dan itulah juga yang memampukan kita bisa mengampuni orang lain. Ambilah keputusan sesuai Firman Tuhan dan bukan kondisi hatimu. Minta hikmat untuk bisa menegor orang itu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s