Kepemimpinan Rohani · Ringkasan Buku

BAB 20. Nehemia, Seorang Pemimpin Teladan

nehemiah_t

Di bab ini saya diajak untuk melihat satu tokoh yang bernama Nehemia, seorang  yang dipakai Allah untuk mengadakan pembaharuan dalam kehidupan bangsanya dalam waktu yang singkat. Ada 2 analisa yang akan membantu kita untuk memiliki kepemimpinan yang berpengaruh dan berwibawa ala Nehemia:

#1. Wataknya

  • Suka Berdoa

Kalau kita baca alkitab kita akan mengetahui bahwa Nehemia adalah seorang yang suka berdoa. Paling tidak inilah reaksi yang diberikan olehnya ketika ia mendengar tentang nasib Yerusalem. Secara keseluruhan catatan hidupnya dipenuhi oleh doa. Baginya doa bukanlah hal yang dilakukan sewaktu-waktu, melainkan hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari.

  • Berani, Kita bisa melihat bagaimana dia tidak takut dalam menghadapi bahaya, tenang dalam krisis, berani mengambil keputusan, dan gigih menghadapi perlawanan.
  • Penuh Perhatian kepada nasib bangsanya
  • Visi yang jelas
  • Sikap yang berhati-hati, waspada terhadap intrik
  • Tegas, tidak menunda-nunda jika harus memutuskan sesuatu.
  • Empati kepada orang lain
  • Tidak memihak
  • Realisme yang sehat
  • Suka menerima tanggung jawab

Dengan watak-watak ini Nehemia merupakan pemimpin yang dapat menenangkan dan mendapat kepercayaan penuh dari orang-orang yang dipimpinnya.

#2. Cara-caranya

Berikut adalah hal-hal yang Nehemia lakukan dalam misinya untuk membangun kembali tembok yerusalem:

  • Ia membangkitkan semangat rekan-rekannya

Nehemia berhasil memalingkan pikiran orang yang dipimpinnya dari besarnya masalah kepada Allah yang besar dan sifatNya yang dapat dipercaya. Iman menghasilkan iman. Rasa pesimis menimbulkan ketidakpercayaan. Justru disinilah letak tanggung jawab utama seorang pemimpin.

  • Ia menghargai orang dan memberi dorongan

Nehemia bertemu dengan orang-orang yang telah patah semangatnya dan kemudian membangkitkan semangat mereka dengan mengingatkan kembali mereka terhadap kemurahan Tuhan yang telah menyertai Nehemia. Sehingga akhirnya seluruh orang-orang tersebut akhirnya berkata “kami siap untuk membangun”. Nehemia menghargai mereka sebagai pribadi dan bukan pesuruh. Kesalahan dan kegagalan harus diperbaiki secara setia. Disiplinnya yang setia dan teguh menyebabkan keyakinan kepadanya semakin bertambah dan semakin meneguhkan wewenangnya.

  • Ia menghadapi penyebab kelemahan yang potensial dengan segera

Nehemia menghadapi dan menyelesaikan 2 masalah potensial:

  1. Orang-orang yang merasa kecewa karena sangat lelah dan terhalang, sehingga akhirnya keberanian mereka pulih dan berusaha menanggulanginya.
  2. Masalah kaum bangsawan yang tidak mau ikut serta dalam pembangunan, sehingga akhirnya para bangsawan itu melakukan seperti apa yang diperintahkan oleh nehemia.
  • Ia memulihkan Kuasa Firman Allah

Dengan keras ia menjalankan Firman Allah, tindakan ini memberikan kuasa rohani terhadap tindakan-tindakannya. Ia menyerukan pemulihan hari raya pondok yang tidak pernah lagi dirayakan sejak jaman Yosua.

  • Ia cakap dalam Organisasi

Dalam menyusun rencana, ia mengadakan penelitian yang hati-hati dan objektif. Ia memperinci jumlah tenaga kerja yang tersedia. Tiap-tiap kelompok diserahi tanggung jawab secara khusus dan jelas. Ia mengakui para pemimpin dibawahknya dengan menyebutkan nama. Ia memberikan kesempatan kepada orang yang mampu untuk mengembangkan potensi kepemimpinan mereka. Ia memiliki standar yang tinggi dalam merekrut anggota yaitu kesetiaan (seorang yang dapat dipercayai dan yang sangat saleh. Takut kepada Allah lebih daripada kepada orang). Langkah pertama yang selalu dia lakukan adalah berdoa.

  • Menyelesaikan Tembok

Yang paling menentukan keberhasilannya adalah dengan Ia berhasil dalam mencapai tujuannya. “Maka selesailah tembok itu”(Nehemia6:15)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s