Devotion

Bermegah Dalam Tuhan

image

SCRIPTURE
1 Korintus 1:31  TB
Karena itu seperti ada tertulis: “Barangsiapa yang bermegah, hendaklah ia bermegah di dalam Tuhan.” 

1 Korintus 1:31  BMKI
Jadi, seperti yang tertulis dalam Alkitab, “Orang yang mau berbangga-bangga, harus berbangga atas apa yang dilakukan Tuhan.”

1 Korintus 1:31  TSI
Jadi, seperti yang tertulis dalam Firman Allah, “Orang yang merasa bangga, hendaklah dia hanya merasa bangga tentang apa yang dilakukan oleh Tuhan, bukan membanggakan diri sendiri.

1 Corinthians 1:31  MSG
That’s why we have the saying, “If you’re going to blow a horn, blow a trumpet for God. ”
1 Corinthians 1:31  NIV
Therefore, as it is written: “Let him who boasts boast in the Lord. ”

OBSERVATION
Adalah ujian tersendiri bagi kita ketika kita bangga atas pencapaian pribadi dan pencapaian kelompok kita. Apalagi kalau kita bekerja keras untuk mewujudkan sampai itu bisa terjadi. Namun Firman Tuhan hari ini mengingatkan kita bahwa jangan sampai kita bangga akan apa yang telah kita lakukan. Namun kalau mau bangga berbanggalah atas apa yang Tuhan lakukan.

Ini adalah bulan terakhir dari tahun ini. Sudah banyak hal yang telah tercapai dan berhasil mungkin selama tahun ini. Firman Tuhan mengingatkan kita untuk tidak bermegah atas apa yang telah kita capai. Karena itu bisa berakibat kita menjadi sombong dan merasa bisa sendiri tanpa Tuhan. Nah bahkan Sebelum ayat di atas kita diingatkan bagaimana keadaan kita pada waktu awal-awal kita menjalani panggilan kita. 1 Korintus 1:26-29  Ingat saja, saudara-saudara, bagaimana keadaan kamu, ketika kamu dipanggil: menurut ukuran manusia tidak banyak orang yang bijak, tidak banyak orang yang berpengaruh, tidak banyak orang yang terpandang.
Tetapi apa yang bodoh bagi dunia, dipilih Allah untuk memalukan orang-orang yang berhikmat, dan apa yang lemah bagi dunia, dipilih Allah untuk memalukan apa yang kuat,
dan apa yang tidak terpandang dan yang hina bagi dunia, dipilih Allah, bahkan apa yang tidak berarti, dipilih Allah untuk meniadakan apa yang berarti,
supaya jangan ada seorang manusia pun yang memegahkan diri di hadapan Allah.

Ketika saya membaca ini saya diingatkan kembali dengan hidup saya. Saya tidak dapat membayangkan apa jadinya hidupku tanpa Kristus. Sebelum saya meresponi panggilanNya hidupku saya habiskan untuk memuaskan keinginanku saja sendiri, hidup sesuka hatiku. Mungkin saya akan menambahi jumlah sampah masyarakat yang sudah ada di generasi kita. Kalau bisa sampai sekarang ini so pasti Tuhanlah yang bekerja dengan giat di dalamku yang aku percayai dalam Filipi 1:6  Akan hal ini aku yakin sepenuhnya, yaitu Ia, yang memulai pekerjaan yang baik di antara kamu, akan meneruskannya sampai pada akhirnya pada hari Kristus Yesus. Ialah yang memulai ini bukan inisiatifku. Dialah yang mencari aku. Dialah yang memperlengkapi aku. Bukan aku aku dan aku tetapi Dia Dia dan Dia

APPLICATION
Mari apapun pencapaian anda. Dalam posisi kerohanian seperti apapun anda saat ini. Ingatlah kalau kita tidak bisa mencapainya kalau tidak karena anugrah Tuhan yang bekerja.  Jangan sombong dan mengambil kemuliaan hanya untuk diri kita sendiri.

Setiap kali kita selesai melayani, berhasil dalam pekerjaan kita untuk memuliakan Tuhan atau membawa banyak jiwa baru datang mengenalNya. Ingat jangan bermegah atas apa yang kita lakukan tetapi bermegahlah atas apa yang Tuhan lakukan.

Saya akan terus mengingat Firman ini yang terus mengingatkan saya untuk tidak bermegah atas diri sendiri. Lukas 17:10  Demikian jugalah kamu. Apabila kamu telah melakukan segala sesuatu yang ditugaskan kepadamu, hendaklah kamu berkata: Kami adalah hamba-hamba yang tidak berguna; kami hanya melakukan apa yang kami harus lakukan.”

PRAYER
Ayo kita merenungkan apa yang telah Tuhan lakukan selama 1 tahun ini. Dan bemegahlah atasnya. Bersyukurlah kepada Tuhan. Minta hati hamba itu terus ada dalam hati kita dan harapkan Tuhan terua bekerja dalam hidup kita.

Leave a Reply

