Seen and Unseen

image

SCRIPTURE
2 Korintus 4:18 
Sebab kami tidak memperhatikan yang kelihatan, melainkan yang tak kelihatan, karena yang kelihatan adalah sementara, sedangkan yang tak kelihatan adalah kekal.

2 Korintus 4:18  BIMK
Sebab kami tidak memperhatikan hal-hal yang kelihatan, melainkan yang tidak kelihatan. Yang kelihatan hanya tahan sementara, tetapi yang tidak kelihatan itu kekal sampai selama-lamanya.

2 Corinthians 4:18  MSG
There’s far more here than meets the eye. The things we see now are here today, gone tomorrow. But the things we can’t see now will last forever.

2 Corinthians 4:18  AMP
Since we consider and look not to the things that are seen but to the things that are unseen; for the things that are visible are temporal (brief and fleeting), but the things that are invisible are deathless and everlasting.

2 Corinthians 4:18  NIV
So we fix our eyes not on what is seen, but on what is unseen. For what is seen is temporary, but what is unseen is eternal.

II Corinthians 4:18  CEV
Things that are seen don’t last forever, but things that are not seen are eternal. That’s why we keep our minds on the things that cannot be seen.

OBSERVATION
Dari ayat ini saya belajar 3 hal:
1. Hal yang kelihatan bersifat sementara (temporary)
2. Hal yang tidak kelihatan bersifat kekal (eternal)
3. Fokuslah kepada apa yang kekal yaitu yang tidak kelihatan dan bukan pada apa yang sementara yaitu yang kelihatan.

Banyak di antara kita mudah putus asa, stres dan tidak pernah mengalami terobosan baru dalam hidup. Mengapa? Karena waktu menghadapi masalah dan ujian kita cenderung melihat itu secara kasat mata sehingga kita mudah terpengaruh keadaan dan terpedaya hasutan-hasutan yang negatif yang melemahkan; akibatnya kita makin terpuruk dan kalah. Apa yang bisa anda lihat di tahun yang baru ini, apakah anda penuh antusias memasuki dan menjalaninya atau malah dengan mental kalah sebelum bertanding? Itu semua tergantung dari bagaimana cara kita memandang. So bukan apa yang dapat anda lihat tetapi bagaimana cara anda melihat yang sangat menentukan apa yang bisa kita dapatkan.

Seringkali kita lebih terlatih mementingkan dan mengejar apa yang kelihatan daripada yang tidak kelihatan… Kita banyak menghabiskan waktu, tenaga dan uang untuk hal2 yang lahiriah (kelihatan), ingin cantik, ingin apa yang dipakai, ingin memiliki, perawatan, jabatan, ketenaran dll. Itulah sebabnya dalam terjemahan NIV dikatakan ” So we fix our eyes not on what is seen, but on what is unseen”. Kita perlu memperbaiki cara kita melihat cara kita memfokuskan sesuatu.

APPLICATION
Sadari apa dan siapa yang ada di sekitar kita yang kelihatan itu adalah bersifat sementara… mari kejar yg tidak kelihatan yg bersifat kekal…
Carilah dahulu Tuhan yang tidak kelihatan dan kekal itu, maka semua yang kita butuhkan yang kelihatan dan sementara itu akan diberikan kpda kita. (Mat 6:33)

Kejarlah apa yang tidak terlihat dari luar yaitu kehidupan Rohani kita. Jam doa dan saat teduh kita. Menjaga hati kita. Mengerjakan apa yang Dia kerjakan. Mencari apa yang Dia cari. Mati kejar apa yang tidak kelihatan yang bersifat kekal.

Dimanapun posisi kerohanianmu saat ini mari ubahlah fokus anda. Fokuslah kepada apa yang tidak kelihatan. Jangan terpengaruh oleh apa yang bisa dilihat oleh mata jasmanimu. Tetapi pengaruhilah apa yang bisa dilihat oleh mata jasmanimu dengan apa yang kamu lihat dengan mata rohanimu.

PRAYER
Tuhan ajarku untuk melihat, fokus dan mengejar apa yang tidak kelihatan daripada sekedar apa yang kelihatan. Roh Kudus ingatkan aku selalu disaat aku mengalami distorsi dalam fokus hidupku. Aku mau mengalami kemenangan demi kemenangan, terobosan demi terobosan, mujizat demi mujizat, kemuliaan demi kemuliaan, melihat orang bisa bertobat dan mengenal dan memuliakanMu. Dengan fokus kepada perkara-perkara yang tidak kelihatan. Dalam nama Yesus. Amin!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s