Devotion

Keinginan vs Kebutuhan

image

SCRIPTURE
1 Timotius 6:6 
Memang ibadah itu kalau disertai rasa cukup, memberi keuntungan besar.

1 Timotius 6:6  BIMK
Memang agama memberikan keuntungan yang besar, kalau orang puas dengan apa yang dipunyainya.

1 Timotius 6:6  TS
Tetapi secara rohani kita sungguh mendapatkan kekayaan besar— kalau kita merasa puas dengan apa yang kita miliki dan tetap hidup sesuai dengan kehendak Allah.

1 Timothy 6:6  AMP
[And it is, indeed, a source of immense profit, for] godliness accompanied with contentment (that contentment which is a sense of inward sufficiency) is great and abundant gain.

I Timothy 6:6  CEV
And religion does make your life rich, by making you content with what you have.

OBSERVATION
Setiap manusia memiliki banyak keinginan. Anda memiliki keinginan. Saya juga manusia dengan banyak keinginan. Saya ingin rumah yang mewah. Saya ingin mobil yang lux, yang suka mencuri perhatian banyak orang. Saya ingin memiliki deposito yang lebih dari cukup. Saya ingin memiliki lima kartu kredit sekaligus, untuk membuat dompet semakin tebal saja. Saya ingin ini itu ga cukup dah pokoknya. Berbicara tentang keinginan, rasanya tidak akan pernah ada habisnya.

Saya berdoa untuk semua keinginan saya, dan saya melihat Tuhan tidak selalu memenuhi keinginan saya. Lupakan rumah mewah, mobil keren, deposito yang menggunung dan semuanya. Bukan tipe Tuhan untuk memenuhi semua hal yang kita inginkan. Mengapa? Karena ada kalanya keinginan kita justru menjadi jerat bagi diri kita sendiri pada akhirnya. Kita menjadi sombong. Merasa diri hebat. Lupa diri, lupa daratan. Bukankah itu sikap yang justru akan menghancurkan diri kita sendiri?

Hati-hati dengan setiap keinginan kita. Sesuatu (bisa orang, benda, Rumah, kekayaan, jabatan, nama baik atau apa saja) yang kita miliki. Sesuatu yang kita miliki itu seharusnya membuat kita makin menyadari kehadiran Tuhan lewatnya dan bukannya malah mengalihkan perhatian kita akan Dia.

Prinsip marketing modern adalah mengubah setiap keinginan kita atau bahkan sesuatu yang sebenarnya tidak kita butuhkan sama sekali menjadi seolah-olah itulah kebutuhan kita. Masalah akan timbul kalau setiap keinginan menjadi kebutuhan dan setiap kebutuhan hanya menjadi sebatas keinginan. Waspadalah dengan keinginan-keinginan lain ini karena bisa menghimpit Benin Firman Tuhan dalam hidup kita dan tidak dapat bertumbuh dengan baik dan berbuah (Markus 4:19  lalu kekuatiran dunia ini dan tipu daya kekayaan dan keinginan-keinginan akan hal yang lain masuklah menghimpit firman itu sehingga tidak berbuah.)

APPLICATION
Hal pertama yang perlu kita check apakah sesuatu yg kita miliki, atau kita lakukan sekarang ini adalah sebuah kebutuhan atau malah sebuah  keinginan yang sudah diubah menjadi kebutuhan?

Apakah semua hal atau benda yang kita kejar untuk kita miliki sekarang adalah benar-benar kebutuhan kita? Atau malah cuma karena prestige, keinginan daging kita belaka saja namun terselubungkan dengan kata “kebutuhan”.

Hiduplah dengan secukupnya bukan berlebihan yang bisa saja menjerat dan mengalihkan fokus kita daripadaNya. Jangan biarkan siapapun atau apapun mengalihkan perhatian anda dari Tuhan.

Bersyukurlah akan apa yang anda miliki sekarang. Jangan berusaha memiliki apa yang orang lain miliki. Jangan letakkan harga diri prestise kita pada apa yang bisa kita capai ataupun yang bisa kita miliki. Mengucap syukurlah dalam segala hal, milikilah rasa cukup dalam hidup kita.
Puaslah dengan apa yang kita miliki dan tetap hidup sesuai dengan kehendak Allah

Matius 6:33  Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.

Matius 6:31-32  Sebab itu janganlah kamu kuatir dan berkata: Apakah yang akan kami makan? Apakah yang akan kami minum? Apakah yang akan kami pakai?
Semua itu dicari bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah. Akan tetapi Bapamu yang di sorga tahu, bahwa kamu memerlukan semuanya itu.

Tuhan selalu fokus pada kebutuhan (keperluan) kita dan bukan kepada keinginan kita.

PRAYER
Bersyukurlah atas apa yang anda miliki saat ini. Buat keluarga, rumah, kesehatan, bahkan bersyukurlah untuk setiap pergumulan dan masalah yang kita hadapi. Mintalah rasa cukup itu selalu ada dalam hidup kita. Berdoa agar setiap setiap kelebihan kita harusnya dipakai untuk memberkati orang lain yang membutuhkannya. Sehingga orang lain bisa turut merasakan Kasih Tuhan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s