Bad Company

image

SCRIPTURE
1 Korintus 15:33  Janganlah kamu sesat: Pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik.

1 Corinthians 15:33 AMP
Do not be so deceived and misled! Evil companionships (communion, associations) corrupt and deprave good manners and morals and character.

1 Corinthians 15:33  NIV
Do not be misled: “Bad company corrupts good character. ”

OBSERVATION
Dalam dunia pergaulan cuma ada 2 keadaan: Kita mempengaruhi atau kita yang dipengaruhi. Hidup kita sangat dipengaruhi oleh minimal 2 hal: siapa teman kita, dan apa bacaan kita. Singkatnya kita bisa menilai seseorang dari siapa yang mengelilingi hidupnya dan apa yang dia Baca selama dia hidup.

Yang paling banyak akan mempengaruhi hidup kita adalah orang- orang yang kita letakkan di sekeliling hidup kita. Siapa yang paling kita dengar pendapat/masukannya. Siapa yang paling berpengaruh dalam hidup kita. Nah problemnya kelalaian kita menaruh orang-orang yang salah pada posisi yang berpengaruh dalam hidup kita bisa berakibat fatal. Dari ayat ini kita diberitahu bahwa hasil dari pergaulan yang buruk (salah memilih orang yang mempengaruhi hidup kita) adalah rusaknya kebiasaan yang baik. Bahkan bukan cuma kebiasaan baik kita saja yang dirusak. Dalam terjemahan Amplified dikatakan sikap, moral, dan karakter kita pun ikut dirusak.

Kalau ada orang yang tadinya sangat bersemangat untuk ikut ibadah minggu ikut KESAN ikut doa namun kemudian tidak lagi suka dan tidak datang lagi setelah keluar bergaul dengan beberapa orang. Kalau dulu dia orangnya sopan tetapi kemudian menjadi kasar dan tidak sopan. Maka bisa dipastikan dia terkontaminasi oleh pergaulan yang buruk. Siapa yang yang paling dia dengar dan paling dia dengar nasihatnya paling punya kemungkinan besar mempengaruhi hidupnya. Itulah sebenarnya yang harus kita Jaga adalah jarak.

Selama Hidup kita akan selalu sibuk untuk menjaga jarak. Ada 3 tingkatan pertemanan yang bisa kitamiliki dalam relationship: pertemanan biasa saja (casual relationship), pertemanan yang dekat (close relationship), atau pertemanan yang intim (intimate relationship).

APPLICATION
Nah orang yang berada di intimate dan close relationship mempunyai pengaruh paling besar dalam hidup kita. Orang-orang dengan kualitas seperti apakah yang anda masukkan ke dalam close dan intimate relationship anda. Waspadalah karena merekalah yang berperan paling besar dalam membentuk hidupmu. So hati-hatilah dalam menentukan jarak.

Letakkan orang yang punya kecenderungan negatif hanya sebatas casual relationship saja dan jaga jangan sampai mereka masuk lebih dalam lagi dalam hidupmu. Dengarkanlah orang-orang yang memang hidupnya takut akan Tuhan yang hidupnya berjalan sesuai Firman Tuhan. Yang menjadikan Firman Tuhan itu landasan dalam hidupnya. 

PRAYER
Tuhan aku mau menjadi pengaruh yang baik dalam pertemanan di keluarga, sekolah, gereja, biar aku menjadi teladan dalam perkataanku, dalam tingkah lakuku, dalam kasihku, dalam kesetiaanku dan dalam kesucianku. Dalam nama Yesus. Amin!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s