Serving Sin VS Serving God

image

SCRIPTURE
Roma 6:2 
Sekali-kali tidak! Bukankah kita telah mati bagi dosa, bagaimanakah kita masih dapat hidup di dalamnya?

Roma 6:2  BIMK
Tentu tidak! Dosa tidak lagi berkuasa atas kita, jadi, mana bisa kita terus-menerus hidup dengan berbuat dosa?

Roma 6:2  TS
Janganlah kita berpikir seperti itu! Secara rohani kita sudah mati bersama Kristus. Berarti kita dibebaskan dari kuasa dosa. Tentulah kita tidak bisa terus hidup di dalam dosa seperti sebelum mengenal Kristus!

Romans 6:2  NET
Absolutely not! How can we who died to sin still live in it?

Romans 6:2  MSG
I should hope not! If we’ve left the country where sin is sovereign, how can we still live in our old house there?

OBSERVATION
Bila kita menganggap kehidupan lama kita yang penuh dosa itu telah mati dan dikuburkan, kita akan memiliki motivasi yang kuat untuk dapat melawan dosa. Kita dapat dengan sengaja dan sadar menganggap keinginan-keinginan dan godaan akan sifat lama kita telah mati. Oleh karena itu kita dapat terus menikmati hidup baru kita yang indah bersama Kristus.

Terjemahan message bible menggambarkan bagaimana mungkin kita masih bisa tinggal di rumah lama kita yang ada di sebuah negara dimana dosa berkuasa kalau kita sudah pindah ke negara lain yang terbebas dari dosa. Kalau kita berada di dalam kedutaan besar indonesia di singapura, maka sebenarnya walaupun kedutaan itu berada di dalam wilayah negara singapura, namun hukum singapura tidak berlaku, tidak berkuasa di kedutaan indonesia. Yang berlaku di kedutaan indonesia adalah hukum negara indonesia.

Begitu juga dengan kita, meski kita masih ada hidup di dunia yang sarat dengan dosa. Namun kita sudah mempunyai kuasa sekarang untuk menolak dosa. Kuasa dosa tidak lagi berluasa atas kita yang sudah ditebus oleh darah Yesus dan itu adalah sebuah kabar gembira buat kita semua. Jangan lagi terus-menerus hidup dengan berbuat dosa.

APPLICATION
Dosa apakah yang masih mengikat anda?
Pertama bertobatlah terimalah penwbusan dosamu lewat Karya Kristus di atas kayu salib. Sadari bahwa kita yang telah ditebus telah dibebaskan dari kuasa dosa. Dosa tidak berkuasa atas kita.

Untuk pemberesan dosa:
1. Mengaku kepada Tuhan (hasilnya kita diampuni dan disucikan)
1 Yohanes 1:9  Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.

2. Mengaku kepada Sesama (hasilnya kita disembuhkan)
Yakobus 5:16  Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh. Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya.

Jangan berhenti sampai tahap pertama tetapi tuntaskan dengan tahap kedua. Meski tahap kedua ini terkesan bisa membuat kita malu tetapi sadarilah yang dipermalukan sebenarnya adalah dosa itu bukan kita. Menang akibat dosa yang pertama adalah memalukan, tetapi ini bukanlah akhir dari segalanya..akuilah sekarang.. Dan sembuh..daripada anda akan berakhir dalam maut. ( Roma 6:21  Dan buah apakah yang kamu petik dari padanya? Semuanya itu menyebabkan kamu merasa malu sekarang, karena kesudahan semuanya itu ialah kematian.)

Karena dengan mengaku maka semua yang sudah nampak itu adalah sekarang terang. Efesus 5:12-13  Sebab menyebutkan saja pun apa yang dibuat oleh mereka di tempat-tempat yang tersembunyi telah memalukan.
Tetapi segala sesuatu yang sudah ditelanjangi oleh terang itu menjadi nampak, sebab semua yang nampak adalah terang.

PRAYER
Tuhan aku mau hidup bagimu. Bukan hidup bagi dosa. Aku telah mati bagi dosa supaya aku hidup bagiMu. Aku mau menyerahkan diriku kepadaMu sebagai orang-orang, yang dahulu mati, tetapi yang sekarang hidup. Dan aku menyerahkan anggota-anggota tubuhmu kepadaMu untuk menjadi senjata-senjata kebenaran. (Roma 6:13). Dalam nama Yesus Amin!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s