Devotion

Seperti Mencari Emas

image

SCRIPTURE
Amsal 2:4-5 
jikalau engkau mencarinya seperti mencari perak, dan mengejarnya seperti mengejar harta terpendam,
maka engkau akan memperoleh pengertian tentang takut akan TUHANdan mendapat pengenalan akan Allah.

Amsal 2:4-5  BIMK
Carilah itu seperti mencari emas, dan kejarlah itu seperti mengejar harta yang terpendam.
Dengan demikian kau akan tahu apa artinya takut akan TUHAN dan kau akan mendapat pengetahuan tentang Allah.

Proverbs 2:4-5  MSG
Searching for it like a prospector panning for gold, like an adventurer on a treasure hunt,
Believe me, before you know it Fear-of-GOD will be yours; you’ll have come upon the Knowledge of God.

Proverbs 2:4-5  CEV
Search for wisdom as you would search for silver or hidden treasure.
Then you will understand what it means to respect and to know the LORD God.

OBSERVATION
Mencari emas akan sangat berbeda dengan mencari batu. Mencari emas butuh proses, dari sebongkah besar tanah atau batuan yang mengandung emas kalau diproses hasilnya gak sampai 1 gram emas…lebih banyak kita dapatkan kotoran atau bahan yang tidak berharga daripada emasnya. Mungkin kita menganggap hasilnya tidak sebanding dengan usaha mencarinya. Tapi mengapa banyak orang tetap mencarinya juga? meski prosesnya melelahkan? Padahal hasilnya sedikit? karena mereka tahu itu sangat berharga dan mahal harganya.

Mengetahui seberapa “berharganya” sesuatu bagi kita akan menentukan seberapa “jauh tindakan” kita untuk mendapatkannya. Apakah kita juga mencari Tuhan sehasrat kita mencari dan melakukan hobi kita, atau hal lain yang berharga bagi kita?

APPLICATION
Seberapa disiplinkah kita dalam kerohanian kita dalam membangun hubungan kita dengan Tuhan? Memiliki disiplin Rohani yang ketat memang tidak serta merta menggambarkan pertumbuhan dan kedewasaan rohani seseorang (misalkan orang farisi yang ketat tentang hal-hal Rohani dalam doa dan puasa juga tidak menjamin mereka mengenal Pribadi Yesus, bahkan merekalah yang menyalibkan Yesus)

Namun bukan berarti disiplin Rohani itu tidak berguna. Disiplin Rohani adalah pendekatan alkitabiah menuju persekutuan yang intensional dengan Krisus yang dilakukan oleh orang-orang yang mengasihiNya. Disiplin Rohani bukanlah pertanda keserupaan dengan Kristus tetapi merupakan sarana untuk menjadi serupa dengan Kristus. Roh Kudua bekerja dalam setiap disiplin Rohani ini secara unik.

Miliki disiplin Rohani secara pribadi (doa, Baca alkitab, berpuasa) Serta miliki juga disiplin Rohani secara kelompok/jemaat (ibadah, doa sabtu, KESAN). Bertekunlah dalam disiplin ini. Lawanlah godaan untuk percaya kepada kerohanian instan atau jalan pintas menuju keserupaan dengan Kristus. Tidak ada jalan pintas menuju kedewasaan Rohani. Jiwa yang mencari kematangan rohani yang lebih dalam harus disiapkan untuk tugas yang lama dan sulit. Jika kita ingin Mencari Kerajaan Allah dan KebenaranNya, maka kita harus melupakan semua formula apapun yang menjanjikan kepuasan rohani secara instan. Namun selama appun waktu yang diperlukan untuk mengejar takut dan pengenalan akan Tuhan ini, semuanya itu tidak akan pernah sia-sia.

PRAYER
Tuhan aku rindu memperoleh takut dan pengenalan akan Engkau. Roh Kudus belerjalah secara unik dalam setiap disiplin Rohani yang aku lakukan agar aku bertumbuh menjadi serupa dengan Kristus. Dalam nama Yesus. Amin!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s