Devotion

Hanya Dia Yang Berkuasa Mengubah Hati

image

 

SCRIPTURE
Keluaran 3:21
Dan Aku akan membuat orang Mesir bermurah hati terhadap bangsa ini, sehingga, apabila kamu pergi, kamu tidak pergi dengan tangan hampa,

Keluaran 4:21  Firman TUHAN kepada Musa: “Pada waktu engkau hendak kembali ini ke Mesir, ingatlah, supaya segala mujizat yang telah Kuserahkan ke dalam tanganmu, kauperbuat di depan Firaun. Tetapi Aku akan mengeraskan hatinya, sehingga ia tidak membiarkan bangsa itu pergi.

OBSERVATION
Kalau saya baca 2 perikop ayat ini saya mendapati bahwa. Tuhan berkuasa untuk mengeraskan dan melembutkan hati manusia. Baik yang takut akan Tuhan maupun yang tidak takut akan Tuhan. Jadi Tuhan ahlinya kalau berurusan dengan hati.

Seperti yang tertulis di Filipi 2:13  karena Allahlah yang mengerjakan di dalam kamu baik kemauan maupun pekerjaan menurut kerelaan-Nya. Meskipun hanya Tuhan yang mampu mengubah hati seseorang ada hal yang menjadi bagian kita untuk kita lakukan seperti mendoakan, mengunjungi, membangun relasi. Jangan meminta Tuhan mengubah hati seseorang sementara kita hanya duduk diam saja tidak berbuat apa-apa dan pasif menantikan Tuhan bekerja
(Lukas 6:46  “Mengapa kamu berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, padahal kamu tidak melakukan apa yang Aku katakan?). Ingat iman tanpa perbuatan sia-sia dan mati, tidak ada gunanya.

APPLICATION
Apakah ada orang-orang yang anda mau jangkau namun mengeraskan hatinya? Bawalah dalam doa namanya kepada Tuhan. Dan harapkan Tuhan menjamah hatinya. Jangan cuma berdoa tetapi bertindaklah lakukan sesuatu. Kunjungi, ajak keluar, berbuat baik, bangun hubungan yang baik dengannya.

PRAYER
Tuhan aku membawakan (sebutkan namanya orang yang mau kita jangkau) seperti Engkau dulu berkuasa mengubah hati orang mesir dan firaun. Demikian juga ya Tuhan jamah, lembutkan dan ubahlah hatinya. Supaya ia mau membuka dan menerima kabar keselamatan itu dalam dirinya. Pakai semua situasi, kejadian, percakapan, pergumulan untuk membuka hatinya kepadaMu. Dalam nama Yesus. Amin!!!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s