Devotion

Steadfast Patience And Endurance

image

SCRIPTURE
Ibrani 10:36 
Sebab kamu memerlukan ketekunan, supaya sesudah kamu melakukan kehendak Allah, kamu memperoleh apa yang dijanjikan itu.

Ibrani 10:36  BIMK
Kalian perlu bersabar, supaya kalian dapat melakukan kehendak Allah dan dengan demikian menerima apa yang dijanjikan-Nya.

Ibrani 10:36  TS
Yang penting bagi kita sekarang adalah tetap sabar dalam kesusahan, supaya kita tetap melakukan kehendak Allah. Dengan demikian kita akan menerima semua yang dijanjikan Allah kepada kita.

Hebrews 10:36  AMP
For you have need of steadfast patience and endurance, so that you may perform and fully accomplish the will of God, and thus receive and carry away [and enjoy to the full] what is promised.

Hebrews 10:36  NIV
You need to persevere so that when you have done the will of God, you will receive what he has promised.

OBSERVATION
Pernah merasa sudah melakukan Firman Tuhan tapi kok tidak ada hasilnya, keluarga tetap tidak berubah meski kita sudah melakukan Firman, sudah berdoa tetapi masalah tidak kunjung dimenangkan, sudah berpuasa bergumul tapi tidak ada hasil yang nyata? Jangan kecewa terlebih dahulu.

Begitu jelas ayat ini mengatakan bahwa setelah apa yang kita perbuat untuk Allah, kita memerlukan satu langkah lagi, yaitu KETEKUNAN untuk mendapatkan semua yang Ia janjikan. Dalam ketekuan mungkin ada penderitaan, ada waktu yang lama dinantikan, tetapi kita harus sabar dan memiliki daya tahan dalam menjalani itu karena ada pengharapan yang besar di depan kita.

Ketekunan dibutuhkan kesetiaan yang artinya terus melakukan sesuatu, karena mengharapkan sesuatu, meski belum terjadi sesuatu sampai terjadi sesuatu. Kesetiaan adalah bagian dari iman. Faithful yang bisa saya artikan artinya kepenuhan dalam iman.

APPLICATION
Seperti yang saya tanyakan tadi di atas. Pernah merasa sudah melakukan Firman Tuhan tapi kok tidak ada hasilnya, keluarga tetap tidak berubah meski kita sudah melakukan Firman, sudah berdoa tetapi masalah tidak kunjung dimenangkan, sudah berpuasa bergumul tapi tidak ada hasil yang nyata? Jangan kecewa terlebih dahulu. Tekunlah terus melakukan Firman Tuhan. Anda tidak akan pernah tahu kapan waktunya Firman Tuhan digenapi dalam hidup kita.

Sudah berapa lama anda mendoakan dan bertindak agar ada keselamatan atas orang tua, sekolah, kampus, dan kantor anda? Saya berdoa hampir 6 tahun agar orang tua saya bisa kenal Yesus. Dan akhirnya jawabannya tiba juga. Sekarang papa dan mama saya sudah kenal Tuhan dan bahkan aktif melayani Tuhan. Meski seringkali hampir hilang harapan tetapi saya terus mengingatkan diri saya akan janji FirmanNya. Mengingatkan diri saya bahwa Dia adalah Pribadi yang setia dan memegang janjiNya. Mengingatkan bahwa FirmanNya berkuasa. Karena Tuhan tidak pernah lupa akan janjiNya namun kitalah yang seringkali lupa akan janjiNya yang mengakibatkan kita hilang harapan. Komitmen kita akan FirmanNya harusnlebih besar dari perasaan kita.

Terus berdoa sampai sesuatu terjadi. Terus melakukan sesuatu sampai sesuatu terjadi. Ibarat kalau kita sedang berlari dalam sebuah perlombaan, berlarilah sampai akhir. Jangan berhenti di tengah pertandingan. Teruslah setia, teruslah tekun milikilah daya tahan / persistence. Teruslah melakukan Firman Tuhan sampai Firman Tuhan digenapi dalam hidup anda.

PRAYER
Tuhan beri aku ketetapan hati untuk terus setia melakukan FirmanMu. Terus berdoa, terus melakukan sesuatu dengan iman, terus mengharapkan sesuatu sampai sesuatu terjadi. Dalam nama Yesus. Amin

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s