No Compromise !

image

SCRIPTURE
Keluaran 8:25  Lalu Firaun memanggil Musa dan Harun serta berkata: “Pergilah, persembahkanlah korban kepada Allahmu di negeri ini.”

Keluaran 8:28  Lalu kata Firaun: “Baik, aku akan membiarkan kamu pergi untuk mempersembahkan korban kepada TUHAN, Allahmu, di padang gurun; hanya janganlah kamu pergi terlalu jauh. Berdoalah untuk aku.”

Keluaran 10:11  Bukan demikian, kamu boleh pergi, tetapi hanya laki-laki, dan beribadahlah kepada TUHAN, sebab itulah yang kamu kehendaki.” Lalu mereka diusir dari depan Firaun.

Keluaran 10:24  Lalu Firaun memanggil Musa serta berkata: “Pergilah, beribadahlah kepada TUHAN, hanya kambing dombamu dan lembu sapimu harus ditinggalkan, juga anak-anakmu boleh turut beserta kamu.”

OBSERVATION
Pembacaan alkitab pagi ini mengingatkan saya akan satu hal yang penting yang seringkali membuat kita tidak maksimal, tidak berbuah banyak bahkan mengalami kegagalan dalam perjalanan rohani kita. Hal ini seringkali mengelabui kita sehingga kita cukup puasa dengan apa yang baik menurut kita dan kehilangan apa yang terbaik yang sudah disediakan Bapa untuk kita yang percaya padaNya.

Hal ini yang membuat banyak pendeta, hamba-hamba Tuhan, pekerja-pekerja di gereja akhirnya jatuh dalam dosa yang. Hal ini seringkali membuat penawaran-penawaran yang yang menggiurkan dalam hidup kita. Tawaran penuh tiupuan yang menipu yang akhirnya menjerat kita hingga menurunkan standar hidup kita.

Hal ini adalah “KOMPROMI”. Kompromi adalah melepaskan sebagian prinsip demi tercapainya persetujuan. Dan setiap kali kita mengkompromikan sesuatu itu artinya kita sedang mengalami kemunduran dan ukuran kita sedang merosot. Waktu dulu Musa juga menghadapi Ujian Kompromi. Pada waktu Musa meminta kepada Firaun untuk membiarkan bangsa Israel beribadah kepada Tuhan, Firaun menguji Musa dengan beberapa kali mengajukan kompromi dan tipu muslihat kepada Musa.

#1. Kejadian 8:25 Lalu Firaun memanggil Musa dan Harun serta berkata: “Pergilah, persembahkanlah korban kepada Allahmu di negeri ini.” demikianlah saran yang pertama, boleh beribadah tetapi tidak pergi meninggalkan mesir. Beribadahlah kepada Allah dimanapun kamu berada. Kalau pada masa sekarang orang berkata, “Jangan melalaikan agama. Tetapi tidak perlu berpandangan terlalu sempit dan sama sekali memutuskan hubungan dengan dunia.”

#2. Kejadian 8:28 Lalu kata Firaun: “Baik, aku akan membiarkan kamu pergi untuk mempersembahkan korban kepada TUHAN, Allahmu, di padang gurun; hanya janganlah kamu pergi terlalu jauh. Berdoalah untuk aku.”. “jika kamu harus pergi keluar dari Mesir untuk beribadah, kamu tidak usah pergi terlalu jauh. Pergilah sampai di luar perbatasan saja” Agama itu baik dan perlu, tetapi kamu tidak dipanggil untuk menjadi orang yang fanatic. Tinggallah sedekat mungkin dengan dunia.”

#3. Kejadian 10:11 Bukan demikian, kamu boleh pergi, tetapi hanya laki-laki, dan beribadahlah kepada TUHAN, sebab itulah yang kamu kehendaki.” Lalu mereka diusir dari depan Firaun. Biarlah laki-laki saja yang beribadah tetapi perempuan dan anak-anak jangan. “Putuskan hubunganmu dengan dunia jika memang harus demikian, tetapi jangan terlalu ekstrim, sehingga mencapmpuri perkembangan duniawi keluargamu dengan memaksa mereka tunduk pada standar hidupmu yang sangat ketat itu.

#4. Kejadian 10:24 Lalu Firaun memanggil Musa serta berkata: “Pergilah, beribadahlah kepada TUHAN, hanya kambing dombamu dan lembu sapimu harus ditinggalkan, juga anak-anakmu boleh turut beserta kamu.” Usaha terakhir adalah test tentang keserakahan dan kecintaan mereka terhadap harta benda. Karena ada Firman dimana hartamu berada disitu hatimu berada.

Musa memahami setiap saran yang kedengarannya benar itu dan menjawab dengan tegas pada Kejadian 10:26 Dan juga ternak kami harus turut beserta kami dan satu kaki pun tidak akan tinggal, sebab dari ternak itulah kami harus ambil untuk beribadah kepada TUHAN, Allah kami; dan kami tidak tahu, dengan apa kami harus beribadah kepada TUHAN, sebelum kami sampai di sana.”

APPLICATION
Iklan kompromi apa yang paling sering menggoda anda? sering kali iklan kompromi diputar dengan sangat menatik ketika kita sendirian. Keyika tidak ada orang lain di sekitar kita. Milikilah integritas, Jangan pernah mau termakan iklan murahan dari kompromi ini! Tolaklah di depan jangan biarkan dia masuk dalam hidupmu, karena akan lebih susah menghalaunya kalau sudah masuk dalam hidup kita.

PRAYER
Tuhan beri aku hati yang berketetapan untuk mengikut Engkau. Aku mau belajar untuk tetap taat dan tidak berkompromi kepada apapun. Aku berkata tidak kepada setiap godaan dosa dan godaan distorsi dari fokus yang Kau berikan ya Tuhan. Dalam nama Yesus amin!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s