He Doesn’t Give Up

image

SCRIPTURE
2 Timotius 2:11-13 
Benarlah perkataan ini: “Jika kita mati dengan Dia, kita pun akan hidup dengan Dia;
jika kita bertekun, kita pun akan ikut memerintah dengan Dia; jika kita menyangkal Dia, Dia pun akan menyangkal kita;
jika kita tidak setia, Dia tetap setia, karena Dia tidak dapat menyangkal diri-Nya.”

II Timothy 2:11-13  CEV
Here is a true message: ” If we died with Christ, we will live with him.
If we don’t give up, we will rule with him. If we deny that we know him, he will deny that he knows us.
If we are not faithful, he will still be faithful. Christ cannot deny who he is. ”

2 Timothy 2:11-13  MSG
This is a sure thing: If we die with him, we’ll live with him;
If we stick it out with him, we’ll rule with him; If we turn our backs on him, he’ll turn his back on us;
If we give up on him, he does not give up–for there’s no way he can be false to himself.

OBERSVATION
Rumah tangga hosea dipakai sebagai lambang hubungan antara Israel dengan Tuhan, gambaran Israel yg tidak setia. Hosea ditulis untuk mendemonstrasikan betapa besarnya dan tak putus-putusnya kasih setia Allah bagi umat Israel, umat pilihanNya yang terus menerus menyeleweng dengan ilah-ilah lain. Mereka digambarkan seperti istri yang bersundal, sementara Allah digambarkan seperti suami yang terus setia mengasihi sang istri. (Hos 1-3)

Kesetiaan saat ini perlahan menjadi sesuatu yang langka. Ada banyak hal, dan kesempatan di dunia ini yang bisa menjadi berhala dalam hidup kita yang membuat kita kehilangan kesetiaan kita kepada Tuhan. Kita mudah bosan, tidak menyelesaikan sampai akhir apa yg baru saja kita mulai, tidak setia akan apa yg sudah kita komitmenkan.

Yang membuat hati saya terhenyak adalah kebenaran bahwa Ketidaksetiaan kita tidak mempengaruhi sedikitpun akan kesetiaan Tuhan dalam hidup kita. Dalam 2 tim 2:13 dikatakan ” jika kita tidak setia, Dia tetap setia karena Dia tidak dapat menyangkal diriNya.” Kristus adalah contoh sempurna dari sebuah kesetiaan, kesetiaan yg Dia lakukan di kayu salib menyelamatkan kita. Setialah sampai mati.

Kualitas setia adalah kualitas Yang dicari oleh orang banyak. Amsal 20:6  Banyak orang menyebut diri baik hati, tetapi orang yang setia, siapakah menemukannya?

Apakah kita bisa mempunyai kualitas setia dalam hidup kita? Ingatlah kualitas ini akan menuntun kita kepada hal- hal besar yang Tuhan siapkan untuk kita. Kualitas setia akan menarik tanggung jawab dan kepercayaan yang besar dalam hidup kita. Matius 25:21  Maka kata tuannya itu kepadanya: Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia; engkau telah setia dalam perkara kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar. Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu. So mintalah hati yang tetap setia kepada Tuhan dan kepada apa yang Dia percayakan kepasa kita untuk kita lakukan.

APPLICATION
Apakah anda pernah mengecewakanNya? Tidak setia kepada FirmanNya. Dan anda melakukannya berulang-ulang kali? Dan bahkan anda sampai menyerah dengan diri anda sendiri?

Sadari bahwa kita bisa sampai sekarangpun itu sebenarnya bukan karena perbuatan kita, bukan akrena apa yang bisa kita lakukan, bukan karena kesetiaan kita. Tetapi semua ini hanyalah karena Kasih karuniaNya. Karena Dia tidak pernah menyerah dengan hidup anda.

PRAYER
Terima Kasih Tuhan Engkau adalah Tuhan yang setia. Bahkan diasaat aku tidak setia Engkau berkata ketidaksetiaanku tidak dapat membatalkan kesetiaanMu. Terima Kasih Tuhan, Engkau tidak pernah menyerah kepadaku. Aku mau belajar taat dan setia kepada FirmanMu dan kepada apapun yang Engkau percayakan untuk aku lakukan. Mampukan aku ya Tuhan. Dalam nama Yesus Amin!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s