Devotion

We Become What We Worship

image

SCRIPTURE
Mazmur 115:4-8 
Berhala-berhala mereka adalah perak dan emas, buatan tangan manusia,
mempunyai mulut, tetapi tidak dapat berkata-kata, mempunyai mata, tetapi tidak dapat melihat,
mempunyai telinga, tetapi tidak dapat mendengar, mempunyai hidung, tetapi tidak dapat mencium,
mempunyai tangan, tetapi tidak dapat meraba-raba, mempunyai kaki, tetapi tidak dapat berjalan, dan tidak dapat memberi suara dengan kerongkongannya.
Seperti itulah jadinya orang-orang yang membuatnya, dan semua orang yang percaya kepadanya.

Mazmur 135:15-18 
Berhala bangsa-bangsa adalah perak dan emas, buatan tangan manusia,
mempunyai mulut, tetapi tidak dapat berkata-kata, mempunyai mata, tetapi tidak dapat melihat,
mempunyai telinga, tetapi tidak dapat mendengar, juga nafas tidak ada dalam mulut mereka.
Seperti itulah jadinya orang-orang yang membuatnya, semua orang yang percaya kepadanya.

OBSERVATION
Dari kedua perikop ini saya belajar bahwa “Kita akan menjadi seperti apa yang kita sembah”. Kalau begitu kalau kita menyembah Tuhan, kita percaya padanya  sudah seharusnya kita akan hidup seperti Yesus. Mengeluarkan nilai-nilai sama seperti yang Yesus miliki. Melakukan apa yang Yesus lakukan. Mencari apa yang Yesus cari. Membenci apa yang Yesus benci. Berpikir, berperasaan sama seperti Dia.

Cuma kalau kita mau jujur, apakah sikap hidup kita, karakter kita, perkataan, tutur kata kita, tindakan kita sekarang ini bisa membuat orang-orang berkata apakah kamu itu Yesus? karena kemiripan karakter dan nilai yang kita milikidenganNya? Atau malah orang kesusahan menemukan kemiripan kita dengan Sang Juru Selamat kita Yesus Kristus.

Saya belajar dari sekarang Anak muda yang bernama Daniel. Masih muda, berasal dari negara yang kalah perang, dibuang dan dijadikan tawanan di babel tidak membuat daniel kemudian bermentalkan budak. Ada sesuatu yang sangat berbeda yang ada di dalam diri daniel yang tidak dimiliki anak muda lain di zamannya. Sehingga dia Tuhan pakai tetap eksis di 4 generasi pemerintahan (nebukadnezar, belsyazar, darius,n koresh) (Dan: 1, 5, 6)

Daniel dikenal memiliki:
-ketetapan hati (1:8)
-pengetahuan, kepandaian, hikmat (1:17)
-pengertian tentang berbagai penglihatan dann mimpi (1:17)
-kecerdasan 10x lipat, (1:20) 
-roh yg luar biasa (6:4)
-setia (ay 5)
-tidak ada didapati suatu kelalaian atau suatu kesalahan padanya (ay 5)

Kelebihannya ini berasal dari sebuah rahasia yang dibagunnya setiap hari, yaitu relasi yang intim dengan Tuhan (ay 11). Dalam Amsal 13:20 dikatakan “Siapa bergaul dengan orang bijak menjadi bijak, tetapi siapa berteman dengan orang bebal menjadi malang.”.

Artinya kita akan menjadi seperti apa dan siapa yang kita gauli. Bergaul dengan Allah yang Luar Biasa setiap hari menginstallkan dan mengekstrak keluar  DNA’NYA dlm hidup kita yang memampukan kita memiliki karakter Kristus dan melakukan hal yang berdampak besar. Semua itu dimulai dari Siapa yang anda sembah? Maka anda akan menjadi seperti Siapa yang anda sembah.

APPLICATION
Siapakah yang anda sembah? So pasti Yesus? Lalu apakah anda bisa melihat anda serupa denganNya? Apakah orang lain bisa melihat karakter Yesus dalam hidup anda?

Semua itu simulai dari relasi yang intim dengan Tuhan. Mari komitlah untuk terus membangun relasi dengan Tuhan melalui berdoa, membaca Alkitab, melakukan Firman Tuhan DLL. Biar hidup kita sehari demi sehari akan diubah menjadi serupa dengan Kristus.

PRAYER
Tuhan aku mau menjadi sepertiMu. Serupa dengan Engkau Yesus. Bentuklah aku seperti bejana tanah Liat semakin indah dihadapanMu. Dalam nama Yesus Amin.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s