Character · Devotion

Karakter dan Siapa Allah

image

SRICPTURE
Keluaran 34:6-7 
Berjalanlah TUHAN lewat dari depannya dan berseru: “TUHAN, TUHAN, Allah penyayang dan pengasih, panjang sabar, berlimpah kasih-Nya dan setia-Nya, 
yang meneguhkan kasih setia-Nya kepada beribu-ribu orang, yang mengampuni kesalahan, pelanggaran dan dosa; tetapi tidaklah sekali-kali membebaskan orang yang bersalah dari hukuman, yang membalaskan kesalahan bapa kepada anak-anaknya dan cucunya, kepada keturunan yang ketiga dan keempat.”

OBSERVATION
Setiap kita pasti pernah mempunyai orang yang kita kagumi. Ada kemungkinan kualitas umum pada orang yang anda kagumi adalah karakter rohani yang terdapat dalam dirinya. Kalau kita bisa begitu demikian mengagumi orang yang berkualitas ini terlebih lagi Firman Tuhan yang merupakan standar karakter tertinggi yang bisa kita dapatkan.

Ketika Musa meminta Allah untuk memperlihatkan kemuliaanNya kepadanya, Tuhan mengatakan bahwa Ia akan lewat didepannya dan memberitahulan namaNya kepada Musa (Kel 33:18-19). Allah harus melindungi Musa dengan cara menutupinya dengan lekukan gunung agar sinar kemuliaanNya tidak terpancar sepenuhnya ketika Ia lewat di depan Musa. Pemandangan yang mengagumkan itu ditambah lagi dengan bagaimana Tuhan mengungkapkan karakter diriNya. Yaitu Tuhan yang penuh kemurajan dan belas kasihan, tidak lekas marah, yang berlimpah-limpah kasih setiaNya, dan yang tetap mengasihi beribu-ribu angkatan serta yang mengampuni kesalahan, pelanggaran dan dosa.

Tuhan menyatakan sangat jelas bahwa karakter pribadiNya dalah standar mutlak: dengan standar tersebur semua sifat ditetapkan. Tuhan tidak bertanggung jawab kepada siapapun dan tidak ada standar lain yang lebih tinggi yang harus diikutiNya. KarakterNya yang kekal dan tanpa kompromi adalah standar yang tidak dapat berubah, yang kemudian memberikan arti terdalam dari kasih, kemurahan hati, kesetiaan dan kesabaran.

APPLICATION
Bacalah kembali ayat perikop di atas dan renungkan selama beberapa menit setiap atribut pribadi Allah yang dinyatakan lewat ayat-ayat ini. Kemudian mintalah Tuhan memberikan kekuatan untuk membuat sifat-sifat tadi semakin nyata dalam diri anda.

PRAYER
Tuhan berikan aku kekuatan supaya karakterMu terpancar dari hidupku

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s