Karakter dan Siapa Saya

image

SCRIPTURE
2 Petrus 1:5-8 
Justru karena itu kamu harus dengan sungguh-sungguh berusaha untuk menambahkan kepada imanmu kebajikan, dan kepada kebajikan pengetahuan,
dan kepada pengetahuan penguasaan diri, kepada penguasaan diri ketekunan, dan kepada ketekunan kesalehan,
dan kepada kesalehan kasih akan saudara-saudara, dan kepada kasih akan saudara-saudara kasih akan semua orang.
Sebab apabila semuanya itu ada padamu dengan berlimpah-limpah, kamu akan dibuatnya menjadi giat dan berhasil dalam pengenalanmu akan Yesus Kristus, Tuhan kita.

OBSERVATION
Pada umumnya kita tidak akan terkesan pada pencitraan atau rekayasa, tetapi pada keaslian dan kebenaran. Seperti pada pilpres kali ini yang semakin dekat kedua pasangan  calon presiden dan wakil presiden bersaing dalan memperebutkan suara terbanyak. Nah banyak yang melakukan pencitraan di saat ini tetapi ada juga yang memang sudah merupakan bagian dari kehidupan mereka.

Karakter bukanlah persoalan teknis atau hasil rekaan dari luar, tetapi suatu kualitas dan realitas seseorang dari dalam. Seperti apa sesungguhnya diri kita saat kita sendiri sendirian dan tidak ada orang yang melihat anda? Kalau kita baca kualitas kehidupan dab kesalehan yang menjadi standar Tuhan bagi setiap kita yang percaya dalam 1 Petrus 1:5-8 terasa sangat mengagumkan dan terlalu tinggi. Mungkinkah kita bisa mencapai kualitas seperti ini? Jika hanya mengandalkan kekuatan kita maka itu sia-sia.

Sadsri kita tidak hanya mendapat hakikat yang baru dalam Kristus (Roma 6:6-13) saja tetapi kita juga didiami oleh Roh Kudus, yang kehadiranNya dalam diri kita memampukan kita mewujudkan kualitas-kualitas karakter seperti Kristus. Perubahan atau transformasi rohani dan karajter yang benar berlangsung dari dalam ke luar, bukan luar ke dalan. Iman, kebajikan, pengethuan, penguasaan diri, ketabahan, kesalehan, persaudaraan, dan kasih, mengalir dari kehidupan Kristus yang telah ditanamkan dalam diri kita.

APPLICATION
Sambil merenungkan delapan kualitas yang terdapat dalam ayat-ayat ini, mintalah kepada Tuhan untuk membuat sifat-sifat itu semakin nyata di dalam kehidupan anda. Perbedaab besar apa yang nyata dalam hidup anda, antara saat dimana anda berusaha membuat diri anda mengesankan bagi orang lain dengan saat ketika anda berusaha menyenangkan hati Tuhan?

PRAYER
Tuhan aku mau memiliki karakter seperti Engkau. Aku siap dan rela untuk diproses ya Tuhan oleh RohMu dari dalam hatiku sampai itu bisa dirasakan oleh orang lain. Dalam nama Yesus Amin.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s