Likeness of His Son

image

SCRIPTURE
Roma 8:29 
Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula, mereka juga ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung di antara banyak saudara.

Romans 8:29  NIV
For those God foreknew he also predestined to be conformed to the likeness of his Son, that he might be the firstborn among many brothers.

Romans 8:29  ESV
For those whom he foreknew he also predestined to be conformed to the image of his Son, in order that he might be the firstborn among many brothers.

OBSERVATION
Tujuan akhir dari hidup kita, hasil akhir dari pelayanan kita seharusnya adalah keserupaan dengan Kristus. Dan bukanlah hal yang bisa kita dapatkan di dunia ini. Bahkan tujuan akhir dari hidup kita bukanlah gereja dengan jumlah anggota jemaat yang besar, namun bagaimana setiap hari dalam hidup kita, kita bisa semakin serupa dengan gambaranNya. Jemaat di gereja semakin hati semakin serupa dengan Kristus.

Bahkan kesuksesan yang bisa dicapai dalam pelayanan kita juga bukanlah tujuan akhir dari hidup kita. Yang paling penting adalah apakah kita makin serupa dengan Kristus atau tidak

Buku novel kecil Scarlet Letter – Nataniel Hover. Diceritakan ada sebuah desa kecil dimana ada seorang anak kecil yang bernaman honest. Dan di desa itu ada legenda yang diceritkan dari mulut ke mulut bahwa dikatakan suatu saat akan muncul seorang yang rupanya seperti batu besar yang menyerupai wajah seorang manusia yang ada di desa itu.

Dan orang-orang di desa ini pun menunggu orang yang wajahnya mirip dengan batu yang bergambar wajah itu. Lalu tidak berapa lama ada seorang politikus yang  dulunya berasal dari desa itu datang berkunjung dan semua orang yang ada di desa itu pun menanti dengan penuh harapan bahwa yang datang ini akan mirip dengan batu wajah itu namun merrka kecewa karena yang datang ini tidak mirip dengan batu itu.

Lalu setelah beberapa waktu datanglah berkunjung seorang pebisnis yang sukses yang dulu berasal dari desa tersebut. Dan mrk berharap dia mirip dengan batu itu. Namun akhirnya mereka juga tetap kecewa karena mukanya juga tidak mirip.

Setelah beberapa tahun terdengar lagi kabar ada seorang jendral yang dulunya berasal dari desa ini. Namun mereka juga dikecewakan karena tidak mirip dwngan batu wajah itu.

Nah sekarang si honest pun sekarang sudah tua dan penuh uban. Lalu waktu waktu itu berkumpulah seluruh desa itu dekat batu wajah besar itu. Saat honest sedang berbicara dengan mereka, orang-orang yang melihat honest itu tiba-tiba meneriakkan kalau honest mirip dengan batu eajah besar tersebut. Dan orang yang lain pun semua setuju kalau honest ini mirip dengan gambar yang ada di batu besar itu.

Kesimpulan dari cerita ini:
Si honest yang seumur hidupnya menanti-nantikan seseorang yang mirip dengan muka yang ada di batu wajah besar itu malah akhirnya menjadi mirip dengan batu wajah besar itu. Kita semua sedang menantikan sesuatu yang besar datang dalam hidup kita. Tidak salah bagi kita mempunyai impian anggota gereja yang besar, gedung gereja yang bagus dan kesuksesan yang lain. Namun ada satu kerinduan yang harus kita miliki dan kita kejar sebagai seorang hamba Tuhan yaitu keserupaan dengan Kristus. Karena Tuhan tidak pernah menanyakan berapa besar gereja yang kamu gembalakan. Tetapi sudah berapa jauh dan dalam kamu serupa denganKu.

Tujuan akhir kita bukan kesuksesan dalam pelayanan tetapi keserupaan dengan Kristus. Bukan berapa besar jumlah jemaat gerejamu tetapi berapa sehat gerejamu. Karena gereja yang besar tidak selalu sehat. Miliki karakter dan hati yang serupa dengan Kristus. Pelayanan kita berhasil di mata Tuhan ketika kita semakin serupa dengan Kristus.

APPLICATION
Apa yang menjadi tujuan akhir kita di dalam kehidupan ini, dalam pelayanan yang kita lakukan, dalam hal apapun yang kita lakukan selama kita hidup? Apakah itu kesuksesan? Ataukah keserupaan dengan Kristus? Dalam hal-hal apakah kita paling serupa dengan Kristus? Dalam hal-hal apakah kita belum serupa dengan Kristus?

Ingatlah bahwa di dalam tujuan keserupaan dengan Kristuslah kita diciptakan, dipanggil, dan dipilih. Keserupaan dengan Kristus di setiap area dalam hidup kita menjadikan kita memiliki tujuan yang besar dalam hidup kita. Keserupaan denganNya adalah tujuan akhir hidup kita. Inilah tujuan terbesar kita.

PRAYER
Tuhan aku mau setiap hari makin disempurnakan serupa dengan gambaranMu. Roh Kudus buanglah apa yang bukan Engkau yang ada di hidupku. Kikislah proseslah supaya aku semakin serupa dengan Engkau. Karena di dalam keserupaan dengan Engkaulah aku diciptakan, dipanggil dan dipilih. Di dalam nama Yesus. Amin!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s