Rahap Si Pelacur

Matius 1:5 (TB)  Salmon memperanakkan Boas dari Rahab, Boas memperanakkan Obed dari Rut, Obed memperanakkan Isai,

Dalam adat istiadat orang yahudi atau israel yang sangat patrilinealisme maka kita dapat menduga bahwa peran dan kedudukan wanita dalam masyarakat di masa itu kurang dihargai. Dan dalam silsilah biasanya hanya akan tertulis nama pria saja, Namun kita bisa melihat dalam silsilah keturunan Yesus ada beberapa nama wanita yang disebutkan misalnya saja Tamar, Rahab, Rut, dan istri Uria (Batsyeba).

Kalau ada nama wanita yang disebutkan pastilah adalah orang yang sangat special yang melakukan hal-hal besar sampai sampai namanya diingat dan dituliskan. Salah satu nama yang menarik perhatian saya adalah Rahab. Tahukah anda bahwa Rahab bukanlah perempuan baik-baik? Dia tidak memiliki prestasi atau nama baik sebelumnya. Dia adalah seorang pelacur yg rumahnya di atas tembok kota Yerikho Zaman Perunggu Akhir.

Mata-mata Yosua menginap di rumahnya, disembunyikannya terhadap polisi kota dengan cara ditutupi batang jerami di atas sotoh. Sesudah menyusun jejak palsu untuk polisi, Rahab membuat perjanjian dengan mata-mata itu. Sehingga ia meminta perlindungan bagi dirinya sendiri dan bagi keluarganya. Dia memudahkan pelarian mata-mata itu dengan menurunkan mereka melalui jendela pada tembok kota, dan memberitahukan mereka jalan untuk ditempuh. Ketika Yerikho jatuh, dari penduduk hanya Rahab dan keluarganya yg selamat. Kelak mereka menjadi warga Israel (Yos 2:6, 17, 22-24).

Rahab bukanlah orang yang hidup benar awalnya namun hidupnya mengalami titik balik melalui dirinya maka keluarganya juga turut diselamatkan dari kejatuhan kota yerikho dan bahkan dirinya menjadi nenek moyang Daud, dan muncul dalam silsilah Yesus ini. Yesus tidak malu nama Rahab disebutkan dalam garis keturunanNya. Justru kita bisa melihat bagaimana besarnya kasih Tuhan dalam hidupnya yang harusnya tidak layak diselamatkan namun memperoleh anugerah keselamatan.

Dalam kitab ibrani namanya juga disebutkan lengkap dengan julukannya yang menggambarkan hidup masa lalunya. Ibrani 11:31 (TB)  Karena iman maka Rahab, perempuan sundal itu, tidak turut binasa bersama-sama dengan orang-orang durhaka, karena ia telah menyambut pengintai-pengintai itu dengan baik.

Berkaca dari rahab, saya memandang diri saya pun sama seperti dia. Mungkin saya bukan pelacur namun saya sama tidak layaknya sperti dia. Hidup masa lalu yg penuh dosa dan kekurangan namun memperoleh anugerah yang sama melalui Yesus.  

Apa julukan atau sebutan dari hidup masa lalumu? Dikenal orang seperti apakah engkau di masa lalumu? Si pembohong? Si pencuri? Si pemarah? Si cabul? Si tukang cabut dari sekolah? Si penilap uang sekolah?  Apapun sebutan orang lain padamu berkaitan dengan hidup lamamu Tuhan mau dan sanggup memakai hidupmu. Morning. God bless u all.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s