Selumbar & Balok

Lukas 6:41-42 (TB)

41 Mengapakah engkau melihat selumbar di dalam mata saudaramu, sedangkan balok di dalam matamu sendiri tidak engkau ketahui?

42 Bagaimanakah engkau dapat berkata kepada saudaramu: Saudara, biarlah aku mengeluarkan selumbar yang ada di dalam matamu, padahal balok yang di dalam matamu tidak engkau lihat? Hai orang munafik, keluarkanlah dahulu balok dari matamu, maka engkau akan melihat dengan jelas untuk mengeluarkan selumbar itu dari mata saudaramu.”

Selumbar … balok. Mungkin Yesus pernah mengalami hal yang tidak enak ketika ada serbuk gergaji masuk ke dalam mata-Nya ketika Ia bekerja di usaha tukang kayu Yusuf. Seperti perbandingan serbuk gergaji dengan sebuah papan, demikianlah pelanggaran kecil di dalam hidup seorang saudara seiman dibandingkan dengan pelanggaran besar di dalam hidup kita sendiri.

Memang lebih mudah bagi kita untuk menilai orang lain dibanding melihat ke dalam diri sendiri. Untuk itu kita perlu membangun diri kita yang rapuh ini dengan nilai-nilai yang berasal dari kebenaran firman Tuhan. Hanya dengan mengisi diri kita dengan firman Tuhan, maka kita dapat membangun diri menjadi lebih baik sehingga kita dapat menjadi berkat bagi orang lain.

Ada dua bahaya mengancam orang yang suka menghakimi orang lain. Pertama, mereka menjadikan diri mereka Allah atas orang lain (karena hanya Allahlah yang berhak menghakimi). Kedua, mereka buta terhadap kelemahan diri karena terlalu berfokus kepada kesalahan orang lain. Pada akhirnya, karena mereka adalah orang buta yang mencoba menuntun orang buta lainnya, mereka terjatuh ke dalam lubang (ayat 39).

Oleh karena itu penting bagi kita untuk melakukan introspeksi diri. Jangan begitu gampang menunjukkan jari kita ke wajah orang lain untuk menuding atau menyalahkan dia, sementara kehidupan kita sesungguhnya tidak jauh berbeda bila dibandingkan dengan dia.

God Bless u all Impactors.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s