​Perhatikanlah Cara Kamu Mendengar

Lukas 8:18 (TB)  Karena itu, perhatikanlah cara kamu mendengar. Karena siapa yang mempunyai, kepadanya akan diberi, tetapi siapa yang tidak mempunyai, dari padanya akan diambil, juga apa yang ia anggap ada padanya.”

Lukas 8:18 (FAYH)  Karena itu, perhatikan baik-baik bagaimana kalian mendengar. Karena siapa yang mempunyai, akan diberi lebih banyak lagi, tetapi siapa yang tidak mempunyai, bahkan yang sedikit yang dianggapnya ada padanya akan diambil. ”

Kualitas kehidupan kerohanian kita salah satunya ditentukan oleh kualitas pendengaran kita. Firman Tuhan mengatakan dalam Roma 10:17 dikatakan “Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus.” Mendengar Firman Kristus itu akan menimbulkan Iman dalam hidup kita. Mendengar hal yang lain selain Firman punya potensi melemahkan iman kita. Oleh karena itu kita perlu benar-benar memperhatikan cara kita mendengar. Karena cara kita mendengar itu lebih penting dari apa yang kita dengar.

Ada berbagai macam cara mendengar:

1. Mendengar sepintas

Pernah berbicara dengan orang yang memang mereka mendemgarkan tetapi mereka juga sambil menjawab pesan chating dari hp mereka. Atau mereka tidak melihat kita namun melihat yang lain? Itu artinya hanya mendengar sepintas tidak benar-benar memberikan perhatian.

2. Mendengar dengan memperhatikan

Memberi perhatian penuh kepada orang yang sedang berbicara. Semua indera difokuskan kepada orang yang berbicara. Untuk bisa mengerti apa yang sedang dikomunikasikan kita tidak cukup hanya mendengar namun kita harus memperhatikan

Kata “dengar” dalam bahasa ibrani adalah “shama” yang artinya bisa mendengar namun juga bisa berarti “taat”. Artinya dengar disini tidak cuma mendengar secara pasif namun harus secara aktif melakukan apa yang kita dengar.

Kalau saya simpulkan mendengarkan dengan memperhatikan itu seperti ini harus bisa:

1. Menemukan Kristus

Gak cuma sekedar membaca Firman namun kita berusaha menggali, berusaha menemukan Pribadi Yesus dalam pembacaan Alkitab kita. Dia adalah pesan utama dari Alkitab mulai dari PL sampai PB. Hanya Firman yang mereveal Kristuslah yang menimbulkam iman. Karena dikatakan iman timbul dari pendengaran akan Firman Kristus dan bukan hanya Firman. Kita hanya dapat mengerti Firman jika kita berhasil mengunlock dengan Kristus.

2. Melakukan Firman

Bukan cuma menemukan Kritus namun juga melakukan. Ketaatan dalam melakukan Firman adalah bukti dari kasih kita kepada Tuhan. Firman yang bisa mengubahkan hanyalah Firman yang dilakukan bukan cuma didengarkan. Meski terkadang kita belum mengerti tetapi jangan tunggu sampai anda mengerti baru melakukan. Taat lakukanlah maka anda akan mengerti.

Jadi jangan cuma stop sampai menjadi pendengar tetapi mengertilah dan lakukanlah. Itulah yang membuat kita menjadi pendengar yang benar-benar memperhatikan. So Perhatikanlah cara anda mendengar God bless u all.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s