Devotion

Don’t Look Back

Lukas 9:62 (TB)  Tetapi Yesus berkata: “Setiap orang yang siap untuk membajak tetapi menoleh ke belakang, tidak layak untuk Kerajaan Allah.”

Seorang petani yang membajak harus senantiasa melihat ke depan kalau ia ingin membajak mengikuti alur yang lurus. Sama halnya dengan kalau kita mau melangkah kedepan kita sambil menoleh ke belakang maka jalan yang kita jalani tidak akan bisa lurus.

Untuk bisa maju kedepan kita tidak boleh menoleh ke belakang. Lalu apa artinya menoleh ke belakang? Itu artinya kita melihat kondisi yang ada di belakang kita bisa itu tentang masa lalu kita, kegagalan, kepahitan, hidup lama kita. Untuk bisa maju kedepan kita harus berani meninggalkan pandangan akan masa lalu dan mulai melangkah kedepan. Kita harus berani juga meninggalkan posisi dimana kita berada sekarang. Itu baru namanya melangkah kedepan.

Sekali melangkah tataplah kedepan jangan setengah hati menoleh kebelakang lagi. Sya teringat tentang 2  kisah

1. Lot dan istrinya

Mereka diminta Tuhan untuk keluar dari sodom dan gomora karena Tuhan mau menunggangbalikkan kedua kota tersebut. Lalu ketika TUHAN menurunkan hujan belerang dan api atas Sodom dan Gomora dikatakan dalam Kejadian 19:26 (TB)  Tetapi isteri Lot, yang berjalan mengikutnya, menoleh ke belakang, lalu menjadi tiang garam.

Mengapa istri lot menoleh kebelakang? Mungkin itu karena ia mau tahu apa yang terjadi dengan kota sodom dan gomora. Namun mungkin juga karena sebenarnya ia masih mau untuk hidup kota itu, masih teringat dengan kota itu, dan mungkin tidak mau pergi dari kota itu. Mengapa saya bisa mengatakan itu? Itu karena dikatakan mereka berlambat-lambat ketika mereka keluar dari kota itu sampai-sampai harus ditarik oleh malaikat.

Kejadian 19:16 (TB)  Ketika ia berlambat-lambat, maka tangannya, tangan isteri dan tangan kedua anaknya dipegang oleh kedua orang itu, sebab TUHAN hendak mengasihani dia; lalu kedua orang itu menuntunnya ke luar kota dan melepaskannya di sana.

2. Elia dan Elisa

1 Raja-raja 19:21 (TB)  Lalu berbaliklah ia dari pada Elia, ia mengambil pasangan lembu itu, menyembelihnya dan memasak dagingnya dengan bajak lembu itu sebagai kayu api; ia memberikan daging itu kepada orang-orangnya, kemudian makanlah mereka. Sesudah itu bersiaplah ia, lalu mengikuti Elia dan menjadi pelayannya.

Dikatakan ketika Elia memanggil elisa untuk mengikuti dia, karena elisa telah ditentukan Tuhan untuk menggantikan posisi Elia sebagai nabi bagi bangsa Israel. Elisa waktu pertama kali ketemu Elia adalah seorang yang sangat ahli dalam membajak. Namun ketika ia mendengar panggila  Elia, maka Elisa dikatakan dia menyembelih lembunya dan kayu bajaknya sebgai kayu api.

Mengapa dia melakukan hal ini? Hal ini dilakukan sebagai bukti keseriusannya akan panggilannya. Dia menyembelih lembu dan kayu bajak dijadikan kayu bakar yang adalah kegiatan dan mata pencahariannya selama ini karena mau emnggambarkan tidak ada jalan kembali lagi. Sekali melangkah aku akan terus melangkah. Tidak akan menoleh kebelakang, tidak akan kembali ke belakang lagi karena tidak ada lagi opsi untuk kembali. Begitulah keyakinan Elisa akan panggilannya.

Belajar dari 2 kisah ini. Adakah hal dari masa lalumu yang masih membelenggu engkau, susah move on? Apakah engkau mau mengikut Yesus dengan penuh keyakinan sperti Elisa yang tidak memberi opsi untuk jalan kembali lagi (No turning Back)

Tuhan membentuk anggota tubuh kita seperti mata, telinga, hidung, mulut, tangan, kaki semuanya itu menghadap kedepan bukan ke arah belakang. So secara anatomi tubuh saja Tuhan mendesain kita untuk melihat kedepan so jangan menoleh ke belakang, jangan terpaku dengan masa lalu, jangan terikat dengan masa lalu dan penuh penyesalan  tetapi menataplah kedepan raihlah apa yang Tuhan telah sediakan bagi kita melalui Karya SalibNya. Ikutlah Tuhan dengan sungguh-sungguh, No turning back, No Looking back. Move and look forward. God bless u all.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s