Janganlah Bersukacita?


SCRIPTURE

Lukas 10:20 (TB)  Namun demikian janganlah bersukacita karena roh-roh itu takluk kepadamu, tetapi bersukacitalah karena namamu ada terdaftar di sorga.”

OBSERVATION

Sukacita bisa muncul karena berbagai sebab. Ada sukacita yang muncul karena berhasil menyelesaikan dengan baik tugas yang telah dipercayakan. Namun masalahnya bisa saja yang menyertai sukacita itu adalah rasa bangga yang tidak tepat.

Para murid telah menyelesaikan misi yang dipercayakan pada mereka (Lukas 10:17). Mereka mengalami euforia (perasaan gembira yang berlebihan) karena menurut mereka hasilnya luar biasa! Mereka dapat mengalahkan setan-setan! Padahal sebelumnya murid-murid lain gagal melakukannya (Luk. 9:37-43a). Itu artinya mereka memiliki otoritas yang lebih besar di dalam nama Tuhan Yesus, dan mereka bersukacita karena hal itu!

Namun Kristus memperingatkan para murid bahwa mereka tidak boleh menjadikan kuasa atas setan-setan atau keberhasilan dalam pelayanan sebagai sumber pokok sukacita mereka. Sukacita mereka harus datang dari kenyataan bahwa mereka telah dibebaskan dari dosa dan sedang menuju ke sorga.

Alasan terbesar untuk bersukacita seharusnya adalah karena mereka memiliki hidup yang kekal! Yang utama bukan bersukacita karena telah mampu mengusir Iblis, tetapi lebih baik bersukacita karena telah memiliki keselamatan.

APPLICATION

Selama ini kita bersukacita karena apa? Apakah karena keberhasilan pelayanan kita? Atau karena kita telah diselamatkan? Harusnya sukacita yang sesungguhnya berasal dari kesadaran bahwa kita telah diselamatkan. Sebab sukacita orang percaya bukan terutama terletak pada kehancuran Iblis ataupun pada kebehasilan hidup dan pelayanan tetapi pada fakta bahwa orang percaya telah menjadi milik Allah dan nama mereka telah tercatat di surga (Lukas 10:20).

Mari kita bersyukur atas semua keberhasilan, berkat, kesehatan, promosi yang Tuhan beri dalam hidup kita. Dan lebih daripada itu bersyukurlah karena Dia telah memberi kita anugerah keselamatan atas hidup kita dengan karyaNya di atas kayu salib. God Bless u all

PRAYER

Naikkan doa ucapan syukur atas berkat dan anugerah keselamatan yang Tuhan beri dalam hidup kita.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s