Devotion

Kesempatan

SCRIPTURE

Lukas 13:8-9 (TB)
8 Jawab orang itu: Tuan, biarkanlah dia tumbuh tahun ini lagi, aku akan mencangkul tanah sekelilingnya dan memberi pupuk kepadanya,

9 mungkin tahun depan ia berbuah; jika tidak, tebanglah dia!”

OBSERVATION

Tuan, biarkanlah dia tumbuh tahun ini lagi. Tukang kebun dari perkebunan itu meminta kesempatan bagi pohon tersebut agar pohon tersebut diberi satu kesempatan lagi. Yesus secara tidak langsung mengatakan bahwa bangsa itu mendapat kesempatan terakhir sebelum Allah menghukum mereka karena pemberontakan mereka dan karena keadaan mereka yang tidak menghasilkan.

Dan pekerja itu juga mempunyai rencana apa yang akan dia lakukan ketika kesempatan itu datang. Dikatakan ia akan akan mencangkul tanah sekelilingnya dan memberi pupuk kepadanya, lalu ia pun punya harapan mungkin tahun depan ia berbuah; baru jika tidak, tebanglah katanya.

Kesempatan itu diberikan melalui waktu. Ketika kita mempunyai waktu sebenarnya kita memiliki kesempatan. Itulah sebabnya Firman mengingaykan kita untuk menggunakan waktu dengan baik

Efesus 5:16 dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat.

Pada waktu Paulus mendorong orang percya di Efesus agar “mempergunakan waktu yang ada” ia seolah-olah mengatakan bahwa waktu menjadi milik kita dengan cara membelinya. Untuk penggunaan waktu yang sebaik-baiknya kita harus membayar harganya. Kita menukar waktu di dalam pasaran hidup untuk pekerjaan dan kegiatan tertentu, yang mungkin berguna atau tidak berguna, produktif maupun tidak produktif.

Weymouth menggunakan ungkapan “memborong kesempatan”, oleh karena waktu adalah kesempatan, dan disinilah pentingnya satu kehidupan yang direncanakan dengan hati-hati.” Jika kita berkembang dalam mempergunakan waktu, maka sebenarnya kita sedang belajar hidup. Jika kita gagal disini, maka dimana-mana kita akan gagal.

Jika hidup sampai tujuh puluh tahun, rata-rata orang menggunakan waktu:

  • 20 tahun untuk tidur,
  • 20 tahun untuk bekerja,
  • 6 tahun untuk makan,
  • 7 tahun untuk bermain,
  • 5 tahun untuk berpakaian,
  • 1 tahun untuk bertelepon,
  • 2 ½ tahun di tempat tidur,
  • 3 tahun menunggu seseorang,
  • 6 bulan mengikat tali sepatu,
  • 2 ½ tahun untuk hal-hal lain
  • (termasuk 1 ½ tahun di gereja).

APPLICATION

1. Hargai Kesempatan

Waktu dapat hilang, tetapi tidak dapat diperoleh kembali. Waktu tidak dapat disimpan, tetapi harus digunakan. Waktu juga tidak dapat ditunda. Jika tidak digunakan secara produktif, maka waktu akan hilang dan tidak dapat diperoleh kembali. Menghadapi kenyataan ini maka kita harus berhati-hatii dan cermat dalam pemilihan prioritas.

2. Buatlah Rencana

Yesus memberikan kita contoh terbaik bagaimana Dia menggunakan waktu. Ia memakai hidupnya berencana, Ia tidak pernah tergesa-gesa, meskipun selalu dikerumuni orang banyak dan kadang kala terganggu oleh sekelompok orang yang memerlukan Dia. Kepada mereka yang memerlukan pertolonganNya ia memberikan kesan bahwa tidak ada hal lain yang lebih diperhatikan olehNya daripada kepentingan mereka. Rahasia ketenanganNya terletak di dalam keyakinanNya bahwa Ia bekerja sesuai dengan rencana BapaNya bagi Dia.

  • Segala sesuatu memang tidak akan terjadi sesuai dengan rencan akita namun kita tetap perlu membuat rencana
  • If you fail to plan you plan to fail

3. Jangan menunda

Jangan menunda, karena Penundaan, yaitu pencuri waktu adalah salah satu senjata iblis yang paling ampuh menipu manusia dari warisannya yang kekal. Penundaan merupakan suatu kebiasaan yang dapat berakibat fatal pada kehidupan yang berbuah. So gunakan kesempatan yang ada pada kita sebaik mungkin.

PRAYER

Bersyukur untuk setiap kesempatan yang Tuhan masih beri dalam hidup kita.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s