Devotion

Kelemahan Bukan Penghalang

SCRIPTURE

Lukas 19:3-4 (TB)

3 Ia berusaha untuk melihat orang apakah Yesus itu, tetapi ia tidak berhasil karena orang banyak, sebab badannya pendek.

4 Maka berlarilah ia mendahului orang banyak, lalu memanjat pohon ara untuk melihat Yesus, yang akan lewat di situ.

OBSERVATION

Kalau memang benar-benar mau maka sebenarnya tidak ada hal yang benar-benar bisa membatasi kita. Namun kalau kita benar-benar tidak mau maka tidak ada satu hal pun yang  benar-benar dapat memaksa kita untuk melakukan sesuatu. Intinya adalah pada kerinduan dan kemauan kita. 

Zakheus karena rasa ingin tahunya ia berusaha untuk melihat seperti apakah Yesus yang selalu ia dengar tentang cerita orang-orang selama ini. Namun keingintahuan dan juga kerinduannya untuk bertemu dengan Yesus harus mengalami kegagalan karena banyaknya orang yang juga mau bertemu Yesus dsn juga keterbatasan fisik yang ia miliki (karena ia pendek).

Namun kegagalan dan kelemahan yang ia miliki tidak mampu memadamkan kerinduan ia untuk bertemu Yesus. Ia bahkan berlari mendahului orang banyak, mungkin karena badannya yang pendek ia mudah untuk berlari sambil bermanuver memotong orang-orang yang ada di depannya. Disini kita bisa melihat kelemahan yang sebelumnya membuat ia gagal bertemu Yesus malah sekarang ia jadikan keuntungan menjadi suatu kelebihan yang membuatnya akhinya bisa mendahului orang banyak.

Dan tidak cukup sampai disana ia bahkan memanjat pohon. Sekarang ia kemudian mengatasi kelemahan tubuhnya dengan memanjat pohon ara dimana Yesus akan lewat disana. Dan hal ini kemudian menarik perhatian Yesus.

APPLICATION

Kalau anda memiliki tempat ibadah yang jauh apa yang akan anda lakukan? Jangan langsung beralasan dengan kelemahan kita (tidak punya transport, tidak punya uang) namun belajarlah seperti Zakheus. Keterbatasan harusnya membuat kita kreatif. Jangan mudah menyerah namun tempuhlah segala cara.

Adakah keterbatasan, kelemahan yang anda miliki yang membuat anda tidak maksimal? Keterbatasan dan kelemahan itu jika dipadukan dengan kerinduan akan mengenal PribadiNya maka Ia sanggup mengubah kelemahanmu menjadi kekuatan. Kalau kita rindu dan mau pasti selalu ada cara. Yang menjadi penghalang bukanlah kelemahanmu namun kemauanmu.

PRAYER

Berdoa minta hati yang rindu untuk terus mau mengenalNya ada dalam hati kita.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s